mediBlog

Medison Simbolon

Kendala Driver Grafis Lenovo Y460 di Ubuntu

leave a comment »

Beberapa hari yang lalu, saya install Ubuntu 9.10 di laptop Lenovo Y460 saya. Setelah proses instalasi selesai, ternyata driver untuk VGA-nya tidak cocok. Saya cari-cari informasi untuk memecahkan kendala tersebut yang kemudian berujung pada satu package yang bernama EnvyNG. Kalau pakai itu, seharusnya saya bisa unduh driver untuk laptop saya secara otomatis, tidak perlu pilih-pilih lagi yang mana yang cocok.

Ternyata, hasil yang diperoleh kurang memuaskan. Memang, resolusi tampilan layar jadi lebih tinggi, tetapi di sebelah kanan bawah ada tulisan “AMD Unsupported Hardware”. Saya cari-cari lagi informasi untuk menghilangkan tulisan ini. Beberapa sumber memberikan informasi tersebut, akan tetapi belum saya coba. Soalnya, saya tidak terlalu terganggu dengan tulisan itu.

Beberapa hari kemudian, saya coba upgrade ke Ubuntu 10.04 LTS. Setelah jalan seluruh proses unduh dan instalasi, ternyata tulisan tersebut sudah hilang dengan sendirinya. Sepertinya Ubuntu 10.04 sudah memiliki driver yang tepat untuk laptop saya. Baguslah… Dengan demikian, berarti saya tidak perlu lagi ribet-ribet memikirkan hal-hal kecil seperti tadi. Hehe… Mari kita ulik-ulik Ubuntu 10.04-nya.. 😀

Written by medisonsimbolon

Agustus 24, 2010 pada 9:09 am

Ditulis dalam Teknologi

Tagged with

Tinggalkan Balasan

