mediBlog

Medison Simbolon

Obsesi Membuat Robot

with one comment

Sebenarnya, sudah dari dulu saya berobsesi ingin membuat sebuah robot. Namun, karena satu lain hal, keinginan tersebut urung saya wujudkan. Saya lebih banyak mengerjakan pemrograman, khususnya di bidang pengenalan wajah, yang merupakan topik Tugas Akhir dan tesis saya. Setelah lewat dua jenjang pendidikan tanpa banyak pengalaman membuat robot, kesempatan tersebut sepertinya datang juga.

Dosen saya memperkenalkan saya kepada robot Nao, keluaran dari Aldebaran Robotics. Nao adalah robot humanoid yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menurut saya sudah cukup lengkap. Kemampuannya juga cukup banyak, mulai dari berjalan, berdiri dari kondisi telungkup, mengambil objek dan lain-lain. Sangat menarik! Kalau saya mengerjakan penelitian yang bertopik seputar robotika, pasti akan sangat menyenangkan… Impian yang jadi kenyataan. 😀

Sekarang saya mulai mencari-cari informasi dan teori-teori yang berkaitan dengan robot tersebut. Mulai dari makalah-makalah, video-video di Youtube, artikel-artikel di internet dan lain-lain. Sambil mencari informasi, saya juga ingin mencari inspirasi tentang area-area yang ingin saya dalami dalam topik ini.

Yah… Mudah-mudahan semuanya dapat berjalan dengan lancar. Sebisa mungkin, saya ingin membuat penelitian yang hasilnya dapat langsung bermanfaat bagi orang banyak. Kalau saya bisa membuat orang lain merasa terbantu dengan penelitian saya, pasti suasananya akan jauh lebih menyenangkan lagi. Mudah-mudahan… 😀

Written by medisonsimbolon

Agustus 7, 2010 pada 8:43 pm

Ditulis dalam Kuliah

Tagged with

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah saya juga pengen bisa buat robot..tpi kya’a lebih ribet dah alat2 nya ya mas

    ahmad mauludin

    Agustus 9, 2012 at 11:02 pm


Tinggalkan Balasan

