mediBlog

Medison Simbolon

Menimbang-Nimbang ISP

leave a comment »

Saya barusan melihat-lihat iklan paket internet dari salah satu ISP. Setelah dilihat-lihat, ternyata tarif internet saya jauh lebih mahal. Sudah mahal, kecepatan internet yang saya pakai sekarang kalah jauh dengan yang ada di iklan tersebut. Setelah saya tanya-tanya ke orang yang sudah menggunakan, mereka menyebutkan bahwa laju unduhnya (pada kenyataannya) memang cukup baik, sampai 100an kBps; sementara yang saya pakai sekarang hanya sampai 60kBps. Oalah… Ingin hati berpindah, namun ada beberapa kendala yang menurut saya cukup mengganggu.

Kendala yang pertama adalah bahwa ISP yang saya lihat di iklan tersebut menyediakan internet nirkabel dengan modem USB. Hal ini agak kurang nyaman, karena modem-modem nirkabel akan sangat terganggu saat cuaca sedang buruk. Melihat kondisi cuaca saat ini juga sedang tidak menentu, sepertinya kenyamanan memakai layanan ISP tersebut juga berpeluang terganggu. Layanan internet yang saya pakai sekarang memakai kabel, sehingga tidak terpengaruh oleh cuaca. Memang, layanan kabel tidak fleksibel alias tidak bisa dibawa ke mana-mana, namun saya juga tidak sering memakai internet di tempat-tempat umum; jadi saya tidak terlalu membutuhkan layanan nirkabel.

Kendala kedua adalah sulitnya menemukan referensi-referensi di internet tentang orang yang sudah menggunakan modem nirkabel tersebut di Linux. Kalau nanti sudah beli, ternyata tidak bisa jalan di Linux, tentunya akan sangat menyebalkan. Memang, ada kemungkinan saya bisa oprek sana oprek sini untuk mencari jawabannya, tetapi kalau belum banyak yang bisa memberi referensi seputar “reputasi” modem tersebut di Linux, saya mengurungkan niat dulu saja. Resikonya cukup besar. Hehe…

Sepertinya sekarang semua ISP sedang promo. Ada yang menawarkan paket ini, paket itu dan lain-lain. Macam-macam. Saya coba menunggu sajalah, sampai ketemu solusi yang benar-benar cocok. Mudah-mudahan waktu nanti jalan-jalan di mall bisa lihat promo-promo yang lebih menggiurkan lagi daripada yang saya lihat barusan.😀

Written by medisonsimbolon

Juli 21, 2010 pada 8:22 pm

Ditulis dalam Pikir2

Tinggalkan Balasan

