mediBlog

Medison Simbolon

Beli Makanan vs Memasak Sendiri

leave a comment »

Setiap kali saya beli makanan di luar rumah, saya selalu berpikir :

Sepertinya saya harus masak sendiri, supaya bahan makanannya bisa lebih jelas serta tanpa bahan pengawet.

Singkat cerita, saya coba masak sendiri di rumah (sebenarnya dulu juga sudah pernah beberapa kali masak sendiri, tapi hanya waktu kepingin saja). Kali ini, saya masak capcay (ala saya..😛 ).

Selain rasanya yang masih kalah dibanding makanan di luar, saya mendapati beberapa kendala kalau memasak sendiri. Yang pertama, memasak sendiri membutuhkan waktu yang lebih lama. Mulai dari persiapan (memotong-motong bahan dsb), memasak, makan sampai akhirnya mencuci peralatan masak. Kalau tidak saya cuci, dapur bisa berantakan. Karena peralatan masak jadi tidak rapi tersusun di tempatnya. Kendala kedua, saya harus lebih sering belanja. Hal ini berarti lebih banyak lagi waktu yang diluangkan untuk melakukan kegiatan ini.

Akhirnya saya banding-bandingkan. Kalau memasak sendiri (siang dan malam) berarti saya harus meluangkan waktu 2 sampai 3 jam per hari untuk proses masak-memasaknya. Kalau dihitung dengan waktu yang dibutuhkan untuk pergi belanja, waktunya bisa lebih banyak lagi. Kalau saya pergi beli makanan di luar? Hanya butuh 15 menit sekali makan. Paling lama 30 menit. Sangat jauh selisihnya. Belum lagi perasaan “aneh” yang muncul ketika saya sibuk memasak namun hanya untuk dimakan sendiri. Hehe..😀

Kendala-kendala yang saya temui memang kebanyakan soal waktu. Namun, ketika kembali memikirkan soal kesehatan, saya jadi berpikir, apa sepadan ya? Enak juga kalau seperti koki-koki yang sering muncul di televisi itu. Mereka melakukan hobinya (memasak) yang juga merupakan pekerjaannya. Mereka tidak akan risau memikirkan berapa waktu yang dibutuhkan untuk belanja, masak dsb karena memang hanya itu yang mereka lakukan. Dibayar pula! Masuk TV lagi! Haha..😀

Apa ya, solusi yang bisa dibuat? Sewa koki pribadi? Mahal. Masak makanan instan? Cepat sih, tetapi sama saja tidak sehat. Hmmm.. Ya sudah, begini saja dulu. Sambil jalan, saya harus memikirkan cara untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan. Kalau mengiris bawang, irisnya harus cepat-cepat. Kalau belanja, jalannya harus cepat-cepat. Haha..😀 Sepertinya begitu sajalah, untuk sementara. Sampai ketemu solusi yang lebih baik.😀

Written by medisonsimbolon

Mei 3, 2010 pada 10:02 pm

Ditulis dalam Pikir2

Tinggalkan Balasan

