mediBlog

Medison Simbolon

Masalah dengan jdk-6u10-docs.zip pada Ubuntu

with 2 comments

Baru-baru ini saya install Ubuntu 9.10 di komputer saya. Mungkin karena satu dan lain hal, saya peroleh pesan error sewaktu saya ingin meng-install repository lewat Synaptic Package Manager. Pesan kesalahannya cukup panjang, tetapi pada dasarnya saya diminta untuk mengunduh file jdk-6u10-docs.zip dan meletakkannya di /tmp. Hmm…

Saya sudah coba cari-cari jawabannya lewat Google. Memang, saya dapat solusinya. Akan tetapi, solusinya bukan dari satu tempat, melainkan dari berbagai tempat (dan masih error) sehingga saya harus sedikit utak-atik sendiri juga. Yaaa… Kira-kira beginilah solusinya (yang saya buat).

1. Masuk ke situs ini, lalu gulung ke bawah dan cari tulisan seperti gambar di bawah.

2. Tekan tombol download tersebut, lalu akan muncul halaman seperti gambar di bawah.

3. Beri tanda centang di sebelah kiri tulisan “I agree…” lalu tekan tombol continue. Kemudian akan muncul halaman seperti di bawah.

4. Unduhlah (download) file tersebut ke komputer Anda.

5. Salin (copy) file tersebut ke alamat /tmp lalu ubah namanya menjadi “jdk-6u10-docs.zip” tanpa tanda kutip.

6. Buka terminal, ketik

sudo chown root /tmp/jdk-6u10-docs.zip

7. Install paket sun-java6-jre lewat Synaptic Package Manager.

8. Selesai.

Mudah-mudahan dapat membantu yang membutuhkan. 😀

Written by medisonsimbolon

Februari 12, 2010 pada 9:53 am

Ditulis dalam Teknologi

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. membantu menyelesaikan masalah saya neh..
    Thnx yah..

    blue

    Mei 6, 2010 at 3:45 pm

    • Sama-sama, Mas.. 😀

      medisonsimbolon

      Mei 6, 2010 at 5:04 pm


Tinggalkan Balasan

