mediBlog

Medison Simbolon

Upgrade Ubuntu 9.04 ke 9.10

leave a comment »

Saya baru saja meng-upgrade Ubuntu saya dari 9.04 ke 9.10. Setelah di-upgrade, ternyata banyak masalah. Masalah pertama adalah tampilannya yang hanya berupa tampilan terminal, tanpa GUI. Saya masukkan perintah

startx

hasilnya hanya keluar tampilan layar hitam dan mouse pointer yang tidak bisa digerakkan. Saya coba restart, dan jalankan lagi, ternyata jadi error. Pesannya adalah

Kernel Panic - Not Syncing VFS: unable to mount root file system

Lalu saya coba jalankan kernel 1 versi di bawah kernel yang sedang jalan sekarang. Hasilnya? Bisa masuk sih, tapi tetap di tampilan terminal. Lalu saya coba masukkan perintah

sudo dpkg --configure -a

Setelah perintah tersebut dijalankan, saya bisa masuk ke GUI. Hanya saja, mouse pointer tidak jalan. Hmm… Saya lalu coba ke kernel versi terakhir, yg tadi di awal-awal sama sekali tidak jalan. Ternyata sekarang sudah jalan, dan mouse pointer juga sudah bekerja baik. Langsunglah saya buka Synaptic Package Manager, lalu saya lakukan proses update agar tidak ada lagi masalah-masalah yang lain. Baguslah. Besok mau ujian, soalnya. Kalau laptop bermasalah, gawat juga…😛

Written by medisonsimbolon

Januari 3, 2010 pada 10:51 am

Ditulis dalam Teknologi

Tagged with

Tinggalkan Balasan

