mediBlog

Medison Simbolon

Menginstall LyX di Mac

leave a comment »

llKemarin saya coba2 install LyX di iMac saya. LyX adalah sebuah perangkat lunak open source pengolah dokumen. Bedanya kalau pakai LyX (dibanding pengolah dokumen seperti Microsoft Office) adalah bahwa pengguna dapat lebih fokus pada struktur tulisan, bukan pada tampilan. Intinya, dengan memakai LyX, pengolahan dokumen2 yang memiliki standar seperti dokumen tesis, makalah dll akan lebih mudah, karena format tampilannya sudah diatur oleh LyX. Pengguna cukup menulis saja.

Sewaktu saya coba install di Mac, ternyata terdapat kesalahan. Sewaktu hendak dikonversi ke tipe file yang lain, seperti .pdf, LyX menampilkan pesan kesalahan yang memberitahu bahwa class untuk konversi tersebut tidak ada. Ternyata setelah cari tahu, saya perlu menginstall MacTeX terlebih dahulu. Setelah itu, baru saya bisa install LyX. Hanya saja, MacTeX ini ukurannya cukup besar (sekitar 1,2GB). Karena besarnya itu, sepertinya perlu usaha yang lebih kalau mau mengunduhnya..😀 Untuk mengunduh MacTeX, bisa dilakukan di sini.

Sekarang, LyX saya sudah jalan. Komentar belum bisa saya berikan, karena belum banyak saya utak atik. Kebetulan, sekarang saya sedang ada tugas membuat makalah. Nah, saatnya coba LyX ini. Kita lihat sampai seberapa kemampuannya..😛

Written by medisonsimbolon

November 1, 2009 pada 8:31 pm

Ditulis dalam Teknologi

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

