mediBlog

Medison Simbolon

Coba2 Linux Live CD

leave a comment »

Ceritanya, saya ingin membantu seseorang untuk menghapus virus2 yang ada di MMC-nya. Saya pikir2, kenapa tidak pakai Linux saja? File2 virus itu akan langsung kelihatan, dan bisa langsung dihapus. Saya sudah agak jenuh melihat anti virus yang ada saat ini. Kadang2 anti virus juga banyak yang sok tahu. Yang harusnya bukan virus, dia bilang virus. Yang nyata2 memang virus, dia tidak berkomentar. Masalah lainnya adalah bahwa si pemakai tidak punya akses terlalu banyak ke internet, jadi agak kesulitan untuk sering2 melakukan update anti virus.

Kendala lain, orang yang saya bantu tersebut belum memiliki pengalaman perihal install meng-install sistem operasi. Solusinya? Live CD. Dengan Linux Live CD, pemakai tidak perlu melakukan instalasi. Cukup masukkan saja CD-nya ke CD-ROM, restart atau hidupkan komputer, sistem operasi Linux pun langsung terpampang di depan mata. Nah, pertanyaan berikutnya, distro Live CD yang mana yang akan dipakai?

Setelah cari2 informasi, pilihan saya menyempit ke dua distro Live CD, yaitu Puppy dan Slax. Setelah download ISO-nya, saya bakar kedua distro tersebut ke CD yang terpisah, lalu CD tersebut saya kirim untuk ditindaklanjuti😉. Tadinya saya cuma mau kirim Puppy, karena ukuran sistem operasinya cenderung lebih kecil, yaitu sekitar 100MB. Ukuran Slax sebesar dua kali lipat dari Puppy, yaitu sekitar 200MB. Biasanya kan, kalau lebih kecil, pasti kinerjanya lebih ringan. Tapi begitupun, untuk jaga2, saya kirim Slax juga.

ppySetelah CD tersebut sampai di tujuan, proses selanjutnya pun dilakukan. Yang pertama dicoba adalah Puppy. Setelah booting, Puppy melemparkan pertanyaan2 konfigurasi yang sebenarnya tidak susah, tetapi agak merepotkan. Kalau langsung ke sistem operasinya kan, lebih cepat. Hehe.. Tak lama kemudian, setelah konfigurasi tersebut dilewati, sistem operasi pun berjalan. Nah, sekarang langsung colok MMC via card reader, yang ternyata…. tidak terbaca. Kalau colok flashdisk, bisa dibaca oleh sistem operasi. Walah.. Padahal yang mau dicek itu kan MMC-nya. Mungkin bisa dilakukan pengunduhan terhadap driver dari card reader tersebut, tetapi seperti saya bilang sebelumnya, akses internet itu sulit. Akhirnya, percobaan terhadap Puppy diakhiri. Tombol shutdown ditekan, dan komputer mati. CD masih di dalam! Jadilah komputer harus dihidupkan lagi, tetapi kali ini, langsung tekan tombol eject CD sebelum Live CD tersebut di-boot, biar CD-nya keluar. Setelah komputer hidup, di-shutdown lagi.. Mungkin saja ada hal2 yang bisa dimodifikasi di sistem operasi terkait hal ini, tetapi saya kepingin tidak ada apapun yang harus dimodifikasi.. Rewel juga ya?😛 Soalnya saya kepingin Live CD tersebut betul2 nyaman untuk orang awam.

slxSekarang giliran Slax. Sewaktu booting, Slax tidak banyak pertanyaan. Tinggal tunggu sajapun, sistem operasi langsung berjalan. Hmm.. Kemudian, MMC kembali dicolok ke CPU via card reader. Hasilnya? MMC tersebut dapat dibaca dengan baik. Kalau ada file2 tidak dikenal, dapat langsung dihapus, karena biasanya itu adalah virus. Apalagi kalau ada autorun.inf di dalamnya. Patut dicurigai..🙂 Oke, pemeriksaan terhadap MMC selesai. MMC tersebut lalu di-unmount. Komputer kemudian di-shutdown. Begitu sistem operasi berhenti, CD Slax langsung keluar, lalu PC mati. Sangat mudah sekali.. Bandingkan dengan Puppy tadi, yang sampai harus hidupkan lagi, lalu keluarkan CD-nya, lalu matikan lagi. Hmm.. Untung saja saya kirim Slax untuk jaga2.😛

Setelah mencoba kedua Live CD tersebut, sepertinya dapat ditarik kesimpulan kalau Slax akan lebih mudah dipakai oleh orang awam (jika dibandingkan dengan Puppy). Tidak ribet. Mungkin kenyamanan itulah yang membuat ukuran sistem operasinya naik dua kali lipat dari Puppy. Jadi kalau cuma ingin memeriksa file di flash disk atau sejenisnya tanpa mau repot2 install apapun, saya lebih rekomendasikan Slax Live CD. ISO dari Live CD Slax dapat diunduh dari sini. Kalau mau coba2 Puppy, boleh dicek di sini.

Semoga bermanfaat…🙂

Written by medisonsimbolon

Agustus 9, 2009 pada 1:25 pm

Ditulis dalam Teknologi

Tagged with , , ,

Tinggalkan Balasan

