mediBlog

Medison Simbolon

Tips Berkomentar

leave a comment »

Kalau lihat2 komentar para pengunjung situs2 di internet, saya suka aneh sendiri. Contohnya komentar2 di kompas.com. Kok bisa ya mereka pada memaki2, padahal mereka belum tahu pasti masalahnya apa? Bahkan, kadang2 yang memaki atau melancarkan sindiran di kolom komentar tersebut sepertinya tidak membaca apa yang dikomentarinya. Sudah jelas2 artikelnya bilang A, yang dia komentari malah B. Ga nyambung, tapi berani posting komentar. “Hebat”..😀

Saya akui, dulu sempat saya suka terpancing melakukan hal seperti di atas. Tetapi setelah belajar dari pengalaman, saya tahu, terlalu cepat memberi komentar itu dampaknya cukup buruk. Bisa membuat orang lain tersinggung (karena kita yang tidak tahu persis ceritanya, tapi berani komentar) atau malah nama kita yang jadi jelek (udah salah nangkap, komentar pula..protes pula..).

Untuk itu, satu hal yang saya pedomani sekarang adalah:

Jangan memberi komentar terlalu cepat, apalagi kalau sambil emosi. Lebih baik pelajari dulu duduk perkaranya…

Kalau saya sudah mengerti, emosi sudah tenang, lalu berkomentar, biasanya saya yakin akan komentar saya. Bahkan, menurut saya, komentar yang saya keluarkan pada kondisi seperti itu relatif lebih fair.

Hanya saja, dengan melakukan hal di atas, kadang2 membuat saya tidak jadi berkomentar. Saya jadi diam2 saja, adem ayem. Kenapa? Emosinya sudah terlanjur turun. Dengan sendirinya, keinginan untuk berkomentar pun hilang. Apalagi kalau setelah ditelusuri, ga dapat2 duduk perkaranya. Banyak bagian2 yang tak terjawab. Wah, kalau begitu, makin diam lagi.😀 Tapi ya.. menurut saya jauh lebih baik begini. Daripada udah ribut, ternyata salah nangkap. Ketahuan o’on nya..😛

Mudah2an berguna buat yang lain…

Written by medisonsimbolon

Mei 1, 2009 pada 12:41 pm

Ditulis dalam Pikir2

Tagged with

Tinggalkan Balasan

