mediBlog

Medison Simbolon

Jangan Sembarangan Memberikan Login YM Anda

with one comment

Tadinya saya sempat mengurungkan niat mau menulis artikel ini. Akan tetapi, semakin lama gangguannya semakin terasa saja. Begini kira2 ceritanya..

Seperti “masyarakat cyber” kebanyakan, saya memiliki account Yahoo Messenger (YM). Awalnya saya mendapat pesan dari teman saya yg isinya kira2 sebagai berikut :

Hi.. I’ve uploaded some pictures at (sesuatu.com). Check it out!

Awalnya saya diamkan saja, karena saya tahu, itu bukan teman saya yg tulis, melainkan “pembajak” account-nya. Pesan tersebut datang berulang2, dan teman saya yg terkena modus ini bukan hanya satu. Sayang sekali saya sudah menghapus screenshot-nya. Kan sudah saya bilang, saya sempat mengurungkan niat mau nulis artikel ini..๐Ÿ˜› Kira2 seminggu berjalan, datang pesan yang bernada mengancam (yang membuat saya membulatkan tekad untuk menulis artikel ini๐Ÿ˜€ ). Berikut screenshot-nya (identitas pengirim saya sensor).

phisatu1

Kalau kita klik link yang dia berikan, maka akan muncul halaman sbb :

phidua

Bagi Anda yang inginย  memasukkan username dan password, segera urungkan niat Anda! Yang meminta data tersebut bukanlah Yahoo, melainkan situs “sesuatu.com” tadi. Data yang mereka minta itu akan mereka gunakan untuk membajak account YM Anda. Kalau Anda mengisi data tersebut di atas, maka Anda akan jadi korban juga seperti teman2 saya tadi. Account Anda akan digunakan untuk menjebak teman2 Anda sendiri.

Teknik tersebutlah yang namanya phishing. Teknik ini menggunakan kelengahan (baca: kepolosan) pengguna internet untuk “berbaik hati” menulis username dan password mereka untuk sesuatu hal yang “dikarang2” alasannya oleh si penipu. Nah, si pengguna, yang berpikir kalau yang meminta itu adalah situs terpercaya, mengetik apa yang diminta si penipu tersebut. Begitu si penipu mendapatkan data tersebut, maka dia akan bisa sesuka hati memakai account kita. Syukur2 kalau cuma menyebarkan iklan. Apa yang terjadi kalau mereka menyebar fitnah? Mereka lihat teman2 kita di YM, kemudian mengirim pesan yang memaki2 teman2 kita tersebut. Tentunya kan nama kita bisa jadi tercemar. Masih banyak lagi hal2 yang bisa mereka lakukan jika mereka tahu username dan password kita.

Memang, jika Anda baca dengan seksama petunjuk yang ditulis di situs yang saya tunjukkan di atas, diberitahukan bahwa mereka tidak ada hubungan dengan Yahoo. Mereka akan menggunakan account kita untuk menyebar iklan tentang situs mereka yg baru saja dibuat. Masalahnya, sepertinya tidak semua pengguna internet membaca petunjuk tersebut dengan seksama.๐Ÿ˜€ Jadi.. Berhati-hatilah..

Oya, jika Anda melihat teman Anda sudah jadi korban praktik seperti tadi, beritahukan kepadanya supaya segera mengganti password-nya. Mudah2an masalahnya dapat terselesaikan.๐Ÿ˜€

Written by medisonsimbolon

Maret 17, 2009 pada 5:54 pm

Ditulis dalam Lain2

Tagged with ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah…ngeri juga ya….harus hati2 supaya tdk terjebak

    hilda widyastuti

    April 7, 2009 at 12:27 am


Tinggalkan Balasan

