mediBlog

Medison Simbolon

CAPTCHA yang Memerlukan Penyesuaian

leave a comment »

Bagi Anda yang sering mondar-mandir di dunia maya, mungkin sudah sering menjumpai citra CAPTCHA (Completely Automated Public Touring Test to Tell Computers and Humans Apart). CAPTCHA adalah gambar yang diganggu sedemikian rupa sehingga sedikit menyulitkan manusia dalam membacanya. Biasanya CAPTCHA digunakan untuk memastikan bahwa proses2 (seperti pendaftaran, pengajuan pembelian barang, pengiriman email dll di internet) yang sedang berjalan memang dijalankan secara sengaja oleh manusia. CAPTCHA sejauh ini masih menjadi solusi untuk menangkal ‘pergerakan komputer’ secara otomatis di dalam internet. Terkadang disediakan pula autentikasi audio sebagai alternatif CAPTCHA, tetapi belum terlalu populer (sepanjang pengetahuan saya..). Contoh2 CAPTCHA :

captcha4

captcha5

Namun, seiring dengan semakin tingginya teknologi, sepertinya CAPTCHA yang diciptakan juga semakin rumit, bahkan semakin susah untuk dibaca oleh manusia. Berikut contohnya :

captcha11

captcha2

captcha3

Apa2an tuh?? Hehe…

Tingginya sisi keamanan biasanya memang mengorbankan sisi kenyamanan. Tetapi, kalau sampai seperti di atas, kadang2 buat sakit mata juga.. 😀 Memang, kita dibolehkan mengganti gambar tersebut dengan yang lain jika kita kesulitan membacanya. Namun kalau dipikir2, daripada begini terus (atau malah lebih parah), mungkin sudah perlu diberi sedikit penyesuaian terhadap CAPTCHA ini. Penyesuaian yang saya maksud adalah supaya CAPTCHA tidak lagi menggunakan karakter, tetapi objek. Contoh, disediakan gambar dan pertanyaan seperti di bawah :

captchanew

Gambar apakah ini?

A. Tusuk gigi

B. Bunga Matahari

C. Korek api

Dengan metode CAPTCHA seperti di atas, saya yakin (setidaknya untuk 10 tahun ini :D) belum didapatkan algoritma yang mampu mendeteksi jawaban di atas secara otomatis. Tetapi, kita sebagai manusia, tentunya dengan sangat mudah menjawab “A. Tusuk gigi” ! 😀

Bagaimana? Setuju? Hehe….

Iklan

Written by medisonsimbolon

Februari 12, 2009 pada 11:35 pm

Ditulis dalam Pikir2

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: