mediBlog

Medison Simbolon

Anak2 Sekarang Lebih Cepat “Dewasa”?

leave a comment »

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang sering naik angkot dan makan di pinggiran, saya mendapati sebuah fenomena. 😀 Fenomenanya seputar pengamen. Ada apa dengan pengamen? Banyak pengamen yang datang masih berusia sangat muda, bahkan taksiran saya bisa berumur 5 atau 6 tahun. Yang saya bicarakan bukan masalah “kenapa anak2 jadi pengamen”, tetapi kenapa mereka menyanyikan lagu2 “dewasa”, alias bertema cinta2an? Saya masih ingat dulu waktu saya SD disuruh nyanyi di depan kelas, saya paling tidak mau menyanyikan lagu bertema cinta2an. Malu! 😛 Anak2 ini menyanyikan lagu2 seperti lagunya D’Massiv, Peterpan, Ungu, dan lain-lain. Wah… Hebat juga perkembangan di zaman globalisasi ini ya? Anak2 tadi itu, kalau disuruh nyanyi Bintang Kecil, Pelangi Pelangi, Balonku, Desaku yang Kucinta dll, bisa ngga ya?  😀 Tidak hanya pengamen. Kalau kita lihat reality show di televisi, yang mengaudisi kemampuan bernyanyi anak2, kita dapat melihat hal yang serupa. Hampir tidak ada saya lihat anak2 tersebut menyanyikan lagu2 KHAS anak2. Bahkan saya ingat pada suatu acara televisi (saya lupa nama acaranya apa), salah satu tim juri, yaitu Pak Helmi Yahya, menegur salah seorang kontestan (yang masih anak sekolah) karena menyanyikan lagu Malam Pertama-nya Rossa. Pak Helmi menyatakan bahwa si kontestan tersebut belum pantas menyanyikan lagu tersebut. Menurut saya, komentar tersebut sangat tepat. Lirik lagu tersebut sangat tidak pas kalau diucapkan oleh anak2.

Kalau dipikir2, kenapa bisa berubah begitu ya? Atau, saya aja yang memang pemalu, sampai2 waktu kecil tidak berani nyanyi lagu bertema cinta2an?

Mmmm… Entahlah.. 😀

Written by medisonsimbolon

Februari 8, 2009 pada 1:19 am

Ditulis dalam Pikir2

Tagged with

Tinggalkan Balasan

