mediBlog

Medison Simbolon

Blender : Sebuah Alternatif

leave a comment »

curvelogo

Setelah beberapa lama (ga terlalu lama juga sih) bergulat di perangkat lunak 3Ds Max, kayaknya sekarang saya mau coba yang baru. Dan kalau bisa, gratis..😀

Cari sana, cari sini, ternyata ada sebuah alternatif, namanya Blender.. Blender adalah perangkat lunak open source yang bisa di-download cuma2 di sini, sementara galeri hasil render-nya Blender dapat dilihat di sini. Hasil render dengan menggunakan Blender ini menurut saya masih belum sehebat 3Ds Max, apalagi kalau 3Ds Max-nya pakai mesin render V-Ray. Saya kurang tahu kalau orang lain berpandangan berbeda..😀 Hasil2 render V-Ray pada 3Ds Max dapat dilihat di sini dan di sini (kebanyakan kata2 ‘di sini’-nya ya? Hehe… :P).

Walaupun hasilnya masih agak kalah, tetapi menurut saya konsep gratisan yang diusung oleh Blender patut jadi nilai yang penting, berhubung harga 3Ds Max 9 yang asli itu senilai $3.495. Muahaaaalll…! Apalagi kalau mau pakai plugin mesin render V-Ray. Harus beli lagi, dan harganya pun muaaaahaaalll juga… (kecuali yang bajakan ya.. :P) Hehe… Saya memang bukan orang arsitektur, tetapi menurut saya kalau mau membuat foto 3D dari rancangan yang dibuat, ga perlu harus betul2 realistis kan? Yang penting kan maksudnya tersampaikan. Kalau kita gambar atap, orang lain yang melihat gambar kita juga tahu, itu atap (bukan pohon atau kursi lipat..😛 ). Lagipula kalau mau melakukan render yang sangat realistis, prosesnya akan memakan waktu (jauh) lebih lama. Tetapi kalau bicara masalah gengsi, saya ga komentar apa2 deh…😛

Tetapi, saya masih kurang terbiasa dengan interface dari Blender. Apa karena saya terbiasa dengan 3Ds Max? Apakah orang2 yang sudah terbiasa dengan Maya akan mengalami kesulitan serupa pada awalnya? Karena katanya, orang2 yang sudah terbiasa dengan Maya, tidak terlalu sulit untuk bermigrasi ke 3Ds Max. Siapa tahu mereka juga tidak sulit bermigrasi ke Blender..😀

Yah… Gimanapun ceritanya, saya sekarang cuma bisa nonton dulu… Ada beberapa hal lain yang harus diprioritaskan.. Hehe… Kepingin juga terjun lagi ke dunia CG kapan2. CG memang memabukkan! (dalam arti positif…)😀

Written by medisonsimbolon

Februari 5, 2009 pada 12:01 am

Ditulis dalam CG, Hobi

Tagged with , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: