mediBlog

Medison Simbolon

Pengenalan Wajah (Face Recognition) : Topik Thesis yang Menarik?

with 26 comments

Dulu waktu kuliah S1, saya buat Tugas Akhir mengenai pengenalan wajah atau face recognition. Gambaran kasarnya, saya membuat perangkat lunak yang dapat membandingkan sebuah foto tertentu dengan sejumlah foto yang sudah tersimpan di database (sederhana :P). Kalau wajah di dalam foto yang dibandingkan tersebut ternyata mirip dengan salah satu foto yang ada di database, sebut saja namanya Bunga 😉 , maka perangkat lunak akan memberi notifikasi bahwa foto tersebut mirip dengan si Bunga. Akurasinya? Cukup saya bilang: ga jelek lah!😀

Nah, di S2 sekarang ini saya berencana membuat thesis seputar pengenalan wajah juga, tetapi belum dapat gambaran secara spesifik apa yang mau dibuat. Kemarin salah satu dosen juga sudah mencoba memberi arahan, dan sampai sekarang masih saya pertimbangkan dulu. Bagi Anda2 yang tertarik dengan pengenalan wajah, mungkin dapat melihat salah satu contoh produk yang dibuat oleh Aurora, yang diberi nama Aurora Clockface +. Aurora Clockface + adalah sebuah mesin yang berguna sebagai ‘tukang absensi’ karyawan. Katanya sih, mereka mampu melakukan verifikasi terhadap lebih dari 900 karyawan hanya dalam waktu kurang dari 19 menit. Videonya dapat dilihat di sini.

Hmmm…. Saatnya cari2 referensi, memutar otak, berkreasi, dan -kalau boleh mengutip kata2 Pak Romi Satria Wahono- mari berdjoeang!!😀

Written by medisonsimbolon

Februari 4, 2009 pada 8:39 pm

Ditulis dalam Kuliah

Tagged with ,

26 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. bang bantu tesis saya….mau bikin pengenalan wajah tapi untu absensi mahasiswa…bisa kasih logikanya ga?

    Pieter Erlanda

    September 13, 2009 at 11:37 pm

  2. waduh, saya jg lagi tesis nih mas. kalau mau, ayo bareng2 kita kerjain..😛 soal logika, banyak mas. mas pakai metode apa?

    medisonsimbolon

    September 14, 2009 at 10:03 pm

  3. saya lg coba eigenface, bayesian, jaringan khonen… banyak….tapi gak ngerti semua

    Pieter Erlanda

    September 27, 2009 at 7:09 pm

  4. maksudnya, itu dipakai semua? waktu s1 saya pakai wavelet. kalau mau pakai wavelet, coba aja cek source code-nya matlab. nanti bisa diliat tuh logikanya matlab gimana. tinggal telusuri aja source code nya. coba aja untuk teori yg mas pakai. mungkin bisa ditelusuri jg di matlab.

    medisonsimbolon

    September 27, 2009 at 7:45 pm

  5. Ok…thanks ya saran nya!

    Pieter Erlanda

    September 28, 2009 at 9:08 am

  6. sama2, mas..😀

    medisonsimbolon

    September 28, 2009 at 10:27 pm

  7. salam mas..
    saya mahasiswa S1 jurusan TI, saya berencana utk mengangkat topik ini sebagai judul Tugas Akhir saya.
    Tapi saya bingung karena belum mengerti mengenai algoritma tekhnik2 yg digunakan, mohon bimbingannya mas..

    Mirza Ilhami

    November 13, 2009 at 7:54 pm

  8. Boleh2 aja, Mas. Silahkan saja kalau ada yang mau ditanyakan. Tapi pengetahuan saya juga terbatas lo.. Hehe.. Saya jg masih kuliah..😀

    medisonsimbolon

    November 14, 2009 at 8:00 am

  9. Salam mas …
    saya mau tanya soal pernyataan mas soal matlab ….
    bagaimana mengkonvert matlab ke bahasa pemprograman (VB.Net / C#) … Thanks.

    Anang

    Desember 21, 2009 at 3:28 pm

    • Walah, saya tidak tahu Mas. Pengalaman programming saya juga baru sedikit. Hehe.. Maaf ya..🙂

      medisonsimbolon

      Desember 21, 2009 at 9:41 pm

  10. judul yang menarik

    dewa yudhi

    Januari 28, 2010 at 6:59 pm

  11. saya juga sedang skrpsi.ttg pengenalan wajah
    klo ada kesulitan mohon bantuannya.

    tx b4

    tantri

    Juni 4, 2010 at 2:44 pm

  12. Mas, aku baru masuk kuliah nih. masih semester 1.
    tapi skrg aku pengen ntar pas tugas akhir, bikin software tentang foto gitu. ya, bisa face recogniting, pemberian aksesoris secara otomatis mengikuti objek foto. (mis: dikasih topi dengan letak menyesuaikan sendiri dengan foto). atau target paling besarnya, bikin software auto edit foto gitu lah.

    tapi itu semua baru keinginan. untuk algoritmanya, sekarang saya baru belajar. kira2 bisa nggak ya, target itu saya capai di 3 tahun kedepan?

    ada tips2 dan saran nggak ?

    maksih…🙂

    Adam

    Oktober 27, 2010 at 3:05 pm

    • 3 tahun? Saya saja sewaktu judul tugas akhir disetujui, saya masih blm tahu apa-apa. Semua dari nol. Ternyata, ujung-ujungnya bisa juga kok. Intinya ya jangan mudah menyerah.🙂 Semoga sukses!

      medisonsimbolon

      Oktober 31, 2010 at 10:17 am

  13. ninta bantuan buat mengerjakan …. metode yang saya gunakan PCA….. bagaimana caranya …mohon bantuan

    baguz

    Januari 4, 2011 at 7:08 pm

    • wah, saya kurang mengerti PCA. tapi sepertinya bahan untuk PCA banyak tersedia kok. semoga sukses ya.😀

      medisonsimbolon

      Januari 5, 2011 at 8:17 am

  14. mas, say minta tolong dong kirimkan source code ttg pengenalan wajah menggunakan metode eigen face menggunakan matlab
    makasih mas

    ierma

    Maret 25, 2011 at 2:01 pm

    • Waduh, saya tidak punya Mbak. Cobain dicari di google aja ya.. Kalau untuk Matlab, sepertinya sudah banyak source code dan tools yang mendukung, jadi mudah-mudahan bisa cepat dpt jawabannya.
      Maaf ya..🙂

      medisonsimbolon

      Maret 25, 2011 at 2:04 pm

  15. Mas…
    Saya juga mau buat sistem deteksi wajah untuk bahan TA saya.
    Bisa minta tolong dijelasin tentang metode yg mas Medison gunak untuk pendeteksian wajah. Misal dari sebuah file image trus gmn, di proses seperti ap…

    Tolong y mas. Di tunggu jawabannya, terima kasih.

    rendy

    April 18, 2011 at 10:41 pm

    • Kalau untuk pendeteksian sih, saya pakai yang sudah jadi, nama modulnya facedetect.c. Modul itu dibuat oleh OpenCV. Coba aja cari di google. Mudah ditemuin kok. Semoga berhasil ya.😀

      medisonsimbolon

      April 24, 2011 at 8:42 pm

  16. mas saya baru kuliah neh ti …ya belum bisa dah,masih awam..law memprogram’a tuh di mana ya..misalnya algoritmna’a sudah di buat

    ahmad mauludin

    Agustus 9, 2012 at 11:14 pm

  17. kalau mendeteksi pola wajah menggunakan metode nearest neighbor apakah lebih efektif?

    michael

    November 15, 2012 at 1:38 pm

    • Tergantung Mas. Jawabannya tidak sederhana juga. Banyak faktor yang dipertimbangkan, misalnya ketahanan terhadap perubahan cahaya, atau terhadap posisi wajah dll. Setiap metode punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

      Untuk detailnya, saya sudah agak lupa. Udah lama blm baca lagi soalnya.🙂 Mungkin Mas bisa cek di paper-paper yang ada di proceeding atau jurnal internasional, biar lebih banyak informasinya. Semoga membantu..

      medisonsimbolon

      November 20, 2012 at 5:45 pm

  18. salam mas..
    saya mahasiswa S1 jurusan TI, saya lagi mengerjakan Tugas Akhir yang berjudul tentang pengenalan wajah menggunakan gabor wavelet dan jst lvq.
    boleh saya minta source code ttg pengenalan wajah menggunakan gabor wavelet dan jst lvq menggunakan vb atau matlab
    mohon bantuannya mas..

    terimakasih…

    Ana Hardiana

    Oktober 30, 2013 at 5:18 pm

    • Waduh, udah lama bgt tuh. Hehe.. Ntar saya coba cek deh file2nya. Tapi saya dulu itu tidak pakai Gabor. Saya pakainya Haar. Trus juga ga pake VB, tapi Matlab. Matlab itupun hanya pakai fungsi2 bawaan Matlab, krn kan di Matlab udah ada fungsi2 Wavelet. Jd sebetulnya source codenya lebih ke kerapian aja (tombol2 dan algoritma sederhana). Gmn?

      medisonsimbolon

      Oktober 30, 2013 at 10:29 pm

      • ya udh dch mah ga pa yang peting buata referensi d tunggu filenya.. tolong di kirim ea

        Ana Hardiana

        Oktober 31, 2013 at 2:16 pm


Tinggalkan Balasan

