mediBlog

Medison Simbolon

Windows.exe, apakah itu?

with 2 comments

Satu bentuk trojan kemarin ‘menghampiri’ flashdisk saya. Ciri-ciri ‘penyakit’ yang dia berikan adalah membuat duplikasi folder di dalam folder. Jadi misalnya saya buat folder ‘Aku’, maka di dalam folder tersebut akan ada semacam folder baru dengan nama ‘Aku’ juga. Bedanya, icon folder (yg biasanya bergambar map kuning) pada si folder ini agak pecah2 (pixellate), beda dengan icon folder aslinya. Ukuran si folder palsu ini adalah sebesar 224 kb.
Saya sudah coba menghapus si folder2 gadungan tersebut via Linux, tetapi tetap saja muncul dan muncul lagi di flashdisk tiap kali flashdisk tersebut dicolok ke laptop. Si flashdisk pun tidak bisa di-eject, dan lampunya berkedip terus menerus.
Setelah cari2 di internet tentang penyakit tersebut, saya jumpain sebuah situs yang ternyata menyebutkan kalau itu adalah trojan Shuriken. Trojan ini membuat file windows.exe di direktori C:\. Sepertinya si windows.exe ini yang menjadi biang kerok masalahnya. Kemudian saya cari2 lagi referensi tentang windows.exe, dan ketemulah situs ini. Di situs tersebut disebutkan kalau file windows.exe adalah trojan yang sebaiknya segera dihapus dari sistem.
Kemudian saya langsung melakukan pencarian file di Windows, untuk mencari si windows.exe tadi. Setelah ketemu, saya langsung menghilangkan file tersebut dari sistem pakai kombinasi tombol Shift-Delete. Sebagai referensi, Shift-Delete digunakan jika file yang ingin kita hapus tidak dipindahkan ke recycle bin, tetapi langsung dihilangkan dari media penyimpanan.
Selesai menghapus file tadi, saya coba lagi colok2 flashdisk, dan sepertinya tidak ada lagi masalah seperti tadi. Mudah2an si trojan tersebut tidak mengganggu lagi.. 😀

Iklan

Written by medisonsimbolon

Januari 3, 2009 pada 10:40 pm

Ditulis dalam Lain2

Tagged with , , , ,

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Wah… sama nih… banyak windows.exe
    makasih buat informasinya

    Nard4Reynard

    September 19, 2010 at 1:40 pm

    • Sama-sama.. 😀

      medisonsimbolon

      September 19, 2010 at 1:50 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: