mediBlog

Medison Simbolon

BCD (Binary Coded Decimal)

with 35 comments

BCD adalah sistem pengkodean bilangan desimal yang metodenya mirip dengan bilangan biner biasa; hanya saja dalam proses konversi, setiap simbol dari bilangan desimal dikonversi satu per satu, bukan secara keseluruhan seperti konversi bilangan desimal ke biner biasa. Hal ini lebih bertujuan untuk “menyeimbangkan” antara kurang fasihnya manusia pada umumnya untuk melakukan proses konversi dari desimal ke biner -dan- keterbatasan komputer yang hanya bisa mengolah bilangan biner. Untuk lebih jelas, dapat dilihat pada contoh berikut :

Misalkan bilangan yang ingin dikonversi adalah 17010.
Sesuai dengan posting saya yang sebelumnya, dapat dilihat bahwa bilangan biner dari :
110—-> 00012
710—-> 01112
010—-> 00002

Tetapi, berhubung hasil yang diinginkan adalah bilangan BCD, maka basis bilangannya tinggal ditulis sebagai berikut :
110—-> 0001BCD
710—-> 0111BCD
010—-> 0000BCD

maka, nilai BCD dari 17010 adalah 0001 0111 0000BCD.
Harap diperhatikan bahwa setiap simbol dari bilangan desimal dikonversi menjadi 4 bit bilangan BCD.

Contoh lain, misalkan bilangan yang ingin dikonversi adalah 30910.
310—–> 0011BCD
010—–> 0000BCD
910 —–> 1001BCD
maka, nilai BCD dari 30910 adalah 0011 0000 1001BCD.

Sebagai bahan latihan, dapat juga dicoba konversi BCD bilangan desimal berikut :
1010—–> 0001 0000BCD
44110—-> 0100 0100 0001BCD
27010—-> 0010 0111 0000BCD

Kalau ada yang mau memberi komentar, dipersilahkan…πŸ˜€

Written by medisonsimbolon

November 28, 2008 pada 10:42 pm

Ditulis dalam Teknik Komputer, Tutorial

Tagged with , , ,

35 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ck..ck…ck… hebat pak .. sharing knowledge nyaπŸ™‚

    ipit

    November 29, 2008 at 7:39 pm

  2. yah… ala kadarnya lah.. hehe..

    medisonsimbolon

    November 29, 2008 at 7:58 pm

  3. Terima Kasih Pak sharingnya
    Sy mahasiswa yg sdg ada tgs ttg sistem bilangan
    Dgn ini sgt terbantu sekali Pak

    Faisal

    Februari 6, 2009 at 10:31 pm

  4. sama2.. senang bisa membantu..πŸ˜€

    medisonsimbolon

    Februari 7, 2009 at 10:12 am

    • mantap pak…..

      cpt di mengerti neh bda ma dosenku….

      wkwkwkwkwkwk

      thx pak

      chengcheng

      Oktober 9, 2009 at 10:13 pm

  5. mmmm..
    kren eh..

    tapi g da konversi bilangan yg laen kha nie..???

    ijoul..

    Januari 14, 2010 at 6:19 pm

  6. pak saya masih bingung kalo (E101)16=(…..)2
    TOLONG KASIH PENJABARANNYA … MAKASIH PAK

    br belajar

    April 9, 2010 at 2:32 am

  7. yang jadi pertanyaan besar adalah apa tujuannya mempelajari ini semua? apa kaitannya bulangan2 itu terutama oktal dalam sistem komputer?

    vonny

    Oktober 24, 2010 at 4:10 pm

    • saya juga dulu waktu kuliah sama2 ngga ngeti tapi pas di cari di internet ternyata ada untuk enkripsi misalnya tombol di keyboard menggunakan tabel ASCII, terus kriptografi pesan dan lainnya,,ada yg bilang untuk pemanfaatan memori cuman saya juga blm paham untuk ini

      miss spartacus

      Februari 9, 2011 at 3:40 pm

  8. Sebagai bahan latihan, dapat juga dicoba konversi BCD bilangan desimal berikut :
    10—–> 0001 0000 BCD
    441β€”-> 0100 0100 0001 BCD
    270β€”-> 0010 0111 0000 BCD

    pas di balik dari 0100 0100 0001 BCD ke desimal hasilnya ngga 441 janggal qo salah jawabannya …maaaf atau saya yg ngga ngerti y

    miss spartacus

    Februari 9, 2011 at 3:38 pm

    • Coba dipisah2 aja mbak.
      0100 0100 0001
      dipisah jadi
      0100 -> 4
      0100 -> 4
      0001-> 1
      Hasilnya 441. Semoga membantu.πŸ˜€

      medisonsimbolon

      Februari 15, 2011 at 8:56 pm

      • iy mas kalo di pisah seperti itu…tapi skrg mas konversi lagi ke biner untuk angka ini : 0100 0100 0001 maka hasilnya adalah : 1*2^10 + 1*2^6 + 1*2^0 = 1024 + 64 + 1 = 1089 ….. kurang lebih yg saya tangkap seperti itu . contoh lain : 10—–> 0001 0000 BCD tapi untuk 0001 0000 = 2^4 = 16. atau bilangan BCD itu tdk sama dengan Biner mas ??? makasih.

        miss spartacus

        Februari 18, 2011 at 2:35 pm

      • Oh, iya mbak, emang beda. cara yang mbak pakai itu untuk konversi biner ke desimal. kasus yang dibahas sekarang adalah konversi BCD ke desimal, jadi cara yang dipakai seperti yang dijelaskan di atas. Pada dasarnya, cara konversinya memang berbeda.πŸ˜€ Semoga membantu..

        medisonsimbolon

        Februari 19, 2011 at 10:10 am

      • oh dikirain sama.saya lagi cari cara macam2 konversi bilangin biner dgn berbagai macam cara untuk bahan skripsi. kebetulan baru nemu 1 cara melalui algoritma dividee and conquer..kalo punya cara lain..posting y mas…matur nuhun.

        miss spartacus

        Februari 21, 2011 at 9:27 am

  9. like this,,tolong bantuanya kalo lg banyyak tugas sistem digital,,,maklum mash semester 4..hihi

    ditdin

    Maret 9, 2011 at 7:06 pm

  10. 0111 1100 0001 BCD
    bagaimana crany kalau diubah ke desimal??

    rara

    Maret 23, 2011 at 1:45 pm

    • Diubah ke biner aja dulu, Mbak.. Setelah dapat binernya, baru dikonversi ke desimal.
      Semoga membantu…πŸ˜€

      medisonsimbolon

      Maret 24, 2011 at 9:27 pm

  11. tolong contoh konversi dari bilangan desimal ke bilangan binary coded decimal dari 15-50…

    adnan

    Agustus 15, 2011 at 8:45 pm

  12. wuih mmbantu bnget nih

    dharma

    Agustus 24, 2011 at 12:55 pm

  13. kenapa rentang angka dalam tabel bilangan biner, oktal, desimal, heksadesimal 16 angka, sperti:
    desimal = 0 sampai 15
    Biner = 0000 sampai 1111
    oktal = 0,1,2,3,4,5,6,7,10,11,12,13,14,15,16,17
    heksa= 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F

    Pratama Putra

    Oktober 9, 2011 at 5:54 pm

  14. wah terima kasih banyak ya..
    membantu sekali…

    zulia

    Oktober 9, 2011 at 8:37 pm

  15. tolong donk pak jelasin ttg penjumlahan & pengurangan bilangan BCD.
    saya sdh cari2 di internet tp msh kurang ngerti,

    indah

    Oktober 22, 2011 at 2:00 pm

  16. ini pljarn smk ada…
    ;D
    tp lup2 ingt

    arif

    September 2, 2012 at 10:33 pm

  17. pak boleh minta website rumusan aljabar yang paling lengkap dan mudah dipahami?

  18. itu tau nya kalo 0 = 0000 trus 2 = 0010 itu gmna yaa??

    elizabeth wijaya

    September 15, 2013 at 12:44 pm

  19. pak saya mw penjasaran soal ini saya kurang mengerti , misal 36 + A8 + E =,,,,biner =,,,desimal,,,
    DAN kalau yg ini juga pak bagaimana eah,,,, 26B + 47A + 6E =,,,,biner =,,,desimal,,,,,

    Bagaimana cara konversikannya pak,”

    agus

    Desember 6, 2013 at 9:05 pm

  20. mantap… izin bos…

    Ade Daud

    April 11, 2014 at 8:57 am

  21. Mantab. terimakasih banyak

    Muhamad Zakky

    Januari 26, 2016 at 2:01 pm

  22. Mampir sobat.. Tks

    M Hammaaduun

    Juni 12, 2016 at 6:39 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: