mediBlog

Medison Simbolon

Repot dengan Nama File? Tag Saja….

leave a comment »

Mungkin Anda merasa kerepotan dengan memberi nama file yang tersimpan di hard disk Anda. Contoh kasus yang biasanya terjadi kira2 seperti ini :

Anda sedang browsing di internet untuk mencari artikel2 tentang komputer. Topik artikel yang sedang Anda kumpulkan tersebut ada yang membahas php, java, c++, networking, windows, linux dan mac… Nah, untuk menyimpan file2 tersebut, biasanya ada 2 cara :

1. Simpan di dalam 1 direktori yang sama

Untuk menyimpan banyak file di dalam sebuah direktori, tentunya mau tidak mau kita harus patuh pada satu peraturan mendasar : tidak ada nama file yang boleh sama persis. Hmm… Kalau begitu, mau tidak mau harus memberi nama file yang berbeda, yang biasanya disertai dengan embel2 supaya setiap file memiliki nama yang identik. Contoh : linux1.pdf, linux2.pdf, linux3.pdf, linux1.ppt dst…

Kelebihan dalam menggunakan cara ini adalah bahwa dengan menggunakan fasilitas search file, file apapun yang kita inginkan akan mudah ditemukan. Namun ada beberapa kekurangan, di antaranya :

a. File yang diunduh dari internet biasanya memiliki nama yang aneh2, misalnya egeinb2krn333.pdf. Nah, untuk mengganti nama dari setiap file yang kita unduh, tentu agak merepotkan..

b. Terkadang nama file yang kita buat jadi sangat2 panjang karena embel2 tersebut, contoh : linux_ubuntu_8_dummies_1.ppt.

2. Cara yang lain biasanya dengan membiarkan nama file tersebut tetap apa adanya, tetapi meletakannya secara hirarki di dalam direktori. Contoh :

Untuk direktori induk, namanya artikel komputer.

Di dalam direktori artikel komputer, ada 7 direktori, yaitu php, java, c++, networking, windows, linux dan mac.

Di dalam direktori linux, ada beberapa direktori lagi, yaitu direktori ubuntu, suse, fedora dll…

Dengan cara ini, kita tetap akan mudah menemukan file kita dengan menggunakan fasilitas search, tetapi yang dicari adalah direktori. Namun terkadang, kita juga berkeinginan untuk menyimpan file berdasarkan tanggal, atau berdasarkan tipe file. Tetapi bagaimana jika atribut yang kita inginkan di tiap file itu ada banyak? Misalnya untuk sebuah file, kita ingin menyimpan nama, tanggal, bidang pembahasan, situs sumber, pengarang dll, gimana cara membuat direktori2-nya?

Nah, dengan tag, hal demikian dapat diatasi. Urusan lebih mudah atau lebih sulitnya, itu tergantung opini masing2 aja… Kadang2 merubah kebiasaan justru malah lebih susah daripada yg lain2..πŸ˜‰

Tag adalah sebuah istilah non hirarki yang disertakan pada sebuah informasi, atau kira2 istilahnya adalah kata kunci..πŸ˜€ Tag bukan nama file, dan juga bukan direktori. Beberapa file dapat memiliki tag yang sama.

Setahu saya, sistem operasi Windows belum menyediakan aplikasi untuk dapat membuat atau membaca tag dari sebuah file. Tetapi di Mac OS X, hal tersebut sudah diakomodir oleh Finder.

Cara membuat tag dari sebuah file cukup mudah.

1. Klik kanan pada file yang akan dibuat tag-nya, pilih Get Info.

2. Tulis tag pada kolom Spotlight Comments. Setiap tag dipisah oleh tanda koma.

Contoh : Tag yang ingin kita simpan adalah topik umum, topik khusus, waktu unduh dan penulis. Jadi kira2 tag nya adalah komputer, linux, agustus, medison. Tanda titik tidak perlu ditulis di akhir tag.

Untuk mencari file tersebut berdasarkan tag, maka cukup buka aplikasi Finder, dan tulis di bagian kanan atas tag yang ingin kita cari, misalnya linux. Dengan melakukan hal tersebut, semua file yang memiliki tag linux akan tampil.

Dengan sistem tagging ini, semua file dapat kita masukkan di dalam satu direktori tanpa repot mengubah2 nama atau membuat hirarki direktori lagi. Gampang tidak? Ya…. Tergantung…πŸ˜‰

Ok? Mudah2an bisa membantu…πŸ˜€

Written by medisonsimbolon

September 15, 2008 pada 12:17 pm

Ditulis dalam Trik Komputer, Tutorial

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: