mediBlog

Medison Simbolon

Menulis pada Partisi NTFS dengan Mac OS X

leave a comment »

Pengguna Mac OS X yang memakai Boot Camp untuk dual boot Mac OS X dan Windows XP (Vista) kemungkinan mempunyai masalah dengan format partisi data, dimana Mac OS X dapat melakukan proses baca tulis pada partisi dengan format FAT-32, tetapi  hanya bisa melakukan proses baca pada NTFS. Hal ini dapat dianggap mengganggu karena FAT-32 mempunyai keterbatasan dimana salah satu kelemahannya adalah bahwa ukuran maksimum dari sebuah file di partisi FAT-32 adalah kira2 sebesar 4GB. Pengguna yang ingin menyimpan file iso yang biasanya berukuran lebih dari 4GB biasanya menyimpan di partisi NTFS-nya.

Tetapi masalah tersebut sudah dapat teratasi.. 😀

Amit Singh, karyawan Google, merilis MacFuse yang memungkinkan pengguna memakai FUSE (File-system in USErspace) apapun. Salah satu FUSE yang dipakai dalam hal ini adalah NTFS-3G. Dengan NTFS-3G, kita bisa melakukan proses baca tulis pada partisi NTFS. Tentunya akan sangat2 membantu pengguna yang dual boot ataupun pengguna Mac yang memiliki hard disk eksternal dengan partisi NTFS.

Yang perlu dilakukan hanya menginstall MacFuse terlebih dahulu. Setelah itu install NTFS-3G. Kalau sudah, Anda sudah dapat menikmati kebebasan menulis pada partisi NTFS dengan Mac OS X. Hal ini sudah saya coba, dan sudah berjalan sesuai harapan.

Selamat mencoba.. Tapi ingat, backup dulu semua data Anda sebelum mencoba… 😀

Iklan

Written by medisonsimbolon

September 15, 2008 pada 9:17 am

Ditulis dalam Trik Komputer, Tutorial

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: