mediBlog

Medison Simbolon

Masalah File .DS_Store Pada Mac OS X

leave a comment »

Bagi para pengguna Mac, mungkin pernah meliat file .DS_Store pada direktori media penyimpanannya. File .DS_Store bersifat hidden, yang artinya hanya bisa ditampilkan di Finder dengan cara yang saya jabarkan di posting sebelumnya. Saya selalu melihat file ini di flash disk saya. Karena penasaran, saya coba googling, dan… Inilah kira2 yang saya dapatkan sejauh ini.

Baiklah. Pertama-tama, apa itu file .DS_Store?

.DS_Store adalah sebuah file yang diciptakan oleh Sistem Operasi Mac OS X untuk menyimpan pengaturan terhadap sebuah direktori, seperti posisi2 icon, komentar atau gambar latar dari direktori tersebut. Secara default, Finder pada Mac OS X akan menciptakan file tersebut pada direktori2 apapun yang diaksesnya : Direktori lokal, direktori pada flash disk, bahkan pada direktori2 jarak jauh, seperti jika mengadakan koneksi share direktori via SMB atau AFP.

Hal ini membuat banyak orang mengajukan protes terhadap pihak Apple. Mereka yang mengajukan protes umumnya merasa keberatan karena dengan diciptakannya file .DS_Store ini, mereka selalu meninggalkan jejak jika mengunjungi komputer lain di jaringan. File ini juga menimbulkan masalah pada perangkat2 seperti bingkai foto digital atau pemutar MP3 non Apple.

Karena banyaknya protes ini, pihak Apple kemudian merilis artikel yang menjelaskan mengenai langkah2 yang dapat dilakukan agar Mac tidak menciptakan file tersebut. Perlu dicatat bahwa, dengan menjalankan langkah2 tersebut, file tersebut tidak akan diciptakan lagi pada direktori jarak jauh, tapi tetap ada pada direktori lokal. (Ya iya dong. Kalau di direktori lokal juga tidak ada, berarti pengaturan direktori tidak akan pernah disimpan dimana2.. Repot dong kalau tiap kali masuk harus atur2 lagi…😉 ) Langkah tersebut juga tidak menghentikan proses copy file .DS_Store yang sudah terlebih dahulu ada ke direktori jarak jauh. Satu hal lagi,  langkah tersebut mungkin akan memberi pengaruh aneh terhadap Finder. Contohnya, dengan tidak dibuatnya file ini pada direktori jarak jauh, maka jika kita hendak upload data ke server jarak jauh, admin server dan juga client2-nya yang lain mungkin akan kesulitan dalam mengidentifikasi direktori tersebut. Maka, jika server ingin supaya direktori tersebut memiliki komentar, maka admin server harus menulis sendiri komentarnya, supaya bisa juga dilihat oleh client yang lain. Hmm… Jd repot ya?🙂

Oke2, udah kebanyakan ngomongnya. Hehe… Sekarang saya akan tuliskan langkah yang dirilis oleh Apple tersebut.

1. Buka terminal

2. Ketik:

defaults write com.apple.desktopservices DSDontWriteNetworkStores true

3. Tekan Return.

4. Restart komputer.

Sederhana sih, tapi mungkin berguna bagi beberapa orang. Kalau saya (jujur) belum terlalu bermasalah dengan yang hal tadi. Jadi langkah2 di atas belum saya gunakan.😀
——————————————————————————————————————————————–
Artikel keluaran Apple tersebut dapat dilihat disini.

Written by medisonsimbolon

Juli 12, 2008 pada 7:13 pm

Ditulis dalam Trik Komputer, Tutorial

Tagged with , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: