mediBlog

Medison Simbolon

Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal

with 250 comments

Pada momen yang berbahagia ini, saya ingin coba menjabarkan tahap2 sederhana proses konversi bilangan desimal, biner, oktal dan heksadesimal.

Bilangan desimal adalah bilangan yang menggunakan 10 angka mulai 0 sampai 9 berturut2. Setelah angka 9, maka angka berikutnya adalah 10, 11, 12 dan seterusnya. Bilangan desimal disebut juga bilangan berbasis 10. Contoh penulisan bilangan desimal : 1710. Ingat, desimal berbasis 10, maka angka 10-lah yang menjadi subscript pada penulisan bilangan desimal.

Bilangan biner adalah bilangan yang hanya menggunakan 2 angka, yaitu 0 dan 1. Bilangan biner juga disebut bilangan berbasis 2. Setiap bilangan pada bilangan biner disebut bit, dimana 1 byte = 8 bit.  Contoh penulisan : 1101112.

Bilangan oktal adalah bilangan berbasis 8, yang menggunakan angka 0 sampai 7. Contoh penulisan : 178.

Bilangan heksadesimal, atau bilangan heksa, atau bilangan basis 16, menggunakan 16  buah simbol, mulai dari 0 sampai 9, kemudian dilanjut dari A sampai F. Jadi, angka A sampai F merupakan simbol untuk 10 sampai 15. Contoh penulisan : C516.
Hmm.. Sepertinya prolognya sudah cukup. Lanjut ke proses kalkulasi… 8)

—————————————————————————————————————————————-

Saya langsung saja ambil sebuah contoh bilangan desimal yang akan dikonversi ke biner. Setelah itu, akan saya lakukan konversi masing2 bilangan desimal, biner, oktal dan heksadesimal.

Misalkan bilangan desimal yang ingin saya konversi adalah 2510.

Maka langkah yang dilakukan adalah membagi tahap demi tahap angka 2510 tersebut dengan 2, seperti berikut :

25 : 2 = 12,5

Jawaban di atas memang benar, tapi bukan tahapan yang kita inginkan. Tahapan yang tepat untuk melakukan proses konversi ini sebagai berikut :

25 : 2 = 12 sisa 1.    —–> Sampai disini masih mengerti kan? :)

Langkah selanjutnya adalah membagi angka 12 tersebut dengan 2 lagi. Hasilnya sebagai berikut :

12 : 2 = 6 sisa 0.      —–> Ingat, selalu tulis sisanya.

Proses tersebut dilanjutkan sampai angka yang hendak dibagi adalah 0, sebagai berikut :

25 : 2 = 12 sisa 1.

12 : 2 = 6 sisa 0.

6 : 2 = 3 sisa 0.

3 : 2 = 1 sisa 1.

1 : 2 = 0 sisa 1.

0 : 2 = 0 sisa 0…. (end)

Nah, setelah didapat perhitungan tadi, pertanyaan berikutnya adalah, hasil konversinya yang mana? Ya, hasil konversinya adalah urutan seluruh sisa-sisa perhitungan telah diperoleh, dimulai dari bawah ke atas.

Maka hasilnya adalah 0110012. Angka 0 di awal tidak perlu ditulis, sehingga hasilnya menjadi 110012. Sip? ;)

—————————————————————————————————————————————-

Lanjut…..sekarang saya akan menjelaskan konversi bilangan desimal ke oktal.

Proses konversinya mirip dengan proses konversi desimal ke biner, hanya saja kali ini pembaginya adalah 8. Misalkan angka yang ingin saya konversi adalah 3310. Maka :

33 : 8 = 4 sisa 1.

4 : 8 = 0 sisa 4.

0 : 8 = 0 sisa 0….(end)

Hasilnya? Coba tebak…418!!! :D

—————————————————————————————————————————————-

Sekarang tiba waktunya untuk mengajarkan proses konversi desimal ke heksadesimal:D

Seperti biasa, langsung saja ke contoh. Hehe…

Misalkan bilangan desimal yang ingin saya ubah adalah 24310. Untuk menghitung proses konversinya, caranya sama saja dengan proses konversi desimal ke biner, hanya saja kali ini angka pembaginya adalah 16. Maka :

243 : 16 = 15 sisa 3.

15 : 16 = 0 sisa F.      —-> ingat, 15 diganti jadi F..

0 :  16 = 0 sisa 0….(end)

Nah, maka hasil konversinya adalah F316. Mudah, bukan? 8)

—————————————————————————————————————————————-

Fiuh..Lanjut lagi… :D

Sekarang kita beralih ke konversi bilangan biner ke desimal. Proses konversi bilangan biner ke bilangan desimal adalah proses perkalian setiap bit pada bilangan biner dengan perpangkatan 2, dimana perpangkatan 2 tersebut berurut dari kanan ke kiri bit bernilai 2o sampai 2n.

Langsung saja saya ambil contoh bilangan yang merupakan hasil perhitungan di atas, yaitu 110012. Misalkan bilangan tersebut saya ubah posisinya mulai dari kanan ke kiri menjadi seperti ini.

1

0

0

1

1

Nah, saatnya mengalikan setiap bit dengan perpangkatan 2. Ingat, perpangkatan 2 tersebut berurut mulai dari 2o sampai 2n, untuk setiap bit mulai dari kanan ke kiri. Maka :

1     ——>    1 x 2o = 1

0     ——>    0 x 21 = 0

0     ——>    0 x 22 = 0

1     ——>    1 x 23 = 8

1     ——>    1 x 24 = 16 —> perhatikan nilai perpangkatan 2 nya semakin ke bawah semakin besar

Maka hasilnya adalah 1 + 0 + 0 + 8 + 16 = 2510.

Nah, bandingkan hasil ini dengan angka desimal yang saya ubah ke biner di awal tadi. Sama bukan? ;)

—————————————————————————————————————————————-

Sudah ini, sudah itu, sekarang….nah, konversi bilangan biner ke oktal. hehe…siap?

Untuk merubah bilangan biner ke bilangan oktal, perlu diperhatikan bahwa setiap bilangan oktal mewakili 3 bit dari bilangan biner. Maka jika kita memiliki bilangan biner 1101112 yang ingin dikonversi ke bilangan oktal, langkah pertama yang kita lakukan adalah memilah-milah bilangan biner tersebut, setiap bagian 3 bit, mulai dari kanan ke kiri, sehingga menjadi seperti berikut :

110                 dan               111

Sengaja saya buat agak berjarak, supaya lebih mudah dimengerti. Nah, setelah dilakukan proses pemilah2an seperti ini, dilakukan proses konversi ke desimal terlebih dahulu secara terpisah. 110 dikonversi menjadi 6, dan 111 dikonversi menjadi 7. Hasilnya kemudian digabungkan, menjadi 678, yang merupakan bilangan oktal dari 1101112… 8)

“Tapi, itu kan kebetulan bilangan binernya pas 6 bit. Jadi dipilah2 3 pun masih pas. Gimana kalau bilangan binernya, contohnya, 5 bit?” Hehe…Gampang..Contohnya 110012. 5 bit kan? Sebenarnya pemilah2an itu dimulai dari kanan ke kiri. Jadi hasilnya 11 dan 001. Ini kan sebenarnya sudah bisa masing2 diubah ke dalam bentuk desimal. Tapi kalau mau menambah kenyamanan di mata, tambahin aja 1 angka 0 di depannya. Jadi 0110012. Tidak akan merubah hasil perhitungan kok. Tinggal dipilah2 seperti tadi. Okeh?

—————————————————————————————————————————————-

Selanjutnya adalah konversi bilangan biner ke heksadesimal.

Hmm…sebagai contoh, misalnya saya ingin ubah 111000102 ke bentuk heksadesimal. Proses konversinya juga tidak begitu rumit, hanya tinggal memilahkan bit2 tersebut menjadi kelompok2 4 bit. Pemilahan dimulai dari kanan ke kiri, sehingga hasilnya sbb :

1110            dan           0010

Nah, coba lihat bit2 tersebut. Konversilah bit2 tersebut ke desimal terlebih dahulu satu persatu, sehingga didapat :

1110 = 14    dan           0010 = 2

Nah, ingat kalau 14 itu dilambangkan apa di heksadesimal? Ya, 14 dilambangkan dengan E16.

Dengan demikian, hasil konversinya adalah E216.

Seperti tadi juga, gimana kalau bilangan binernya tidak berjumlah 8  bit? Contohnya 1101012? Yaa…Seperti tadi juga, tambahin aja 0 di depannya. Tidak akan memberi pengaruh apa2 kok ke hasilnya. Jadi setelah ditambah menjadi 001101012. Selanjutnya, sudah gampang kan? ;)

—————————————————————————————————————————————-

Selanjutnya, konversi bilangan oktal ke desimal. Hal ini tidak terlalu sulit. Tinggal kalikan saja setiap bilangan dengan perpangkatan 8. Contoh, bilangan oktal yang akan dikonversi adalah 718. Maka susunannya saya buat menjadi demikian :

1

7

dan proses perkaliannya sbb :

1 x 8o = 1

7 x 81 = 56

Maka hasilnya adalah penjumlahan 1 + 56 = 5710.

—————————————————————————————————————————————-

Habis konversi oktal ke desimal, maka saat ini giliran oktal ke biner. Hehe..

Langsung ke contoh. Misalkan saya ingin mengubah bilangan oktal 578 ke biner. Maka langkah yang saya lakukan adalah melakukan proses konversi setiap bilangan tersebut masing2 ke 3 bit bilangan biner. Nah, angka 5 jika dikonversi ke biner menjadi….? 1012. Sip. Nah, 7, jika dikonversi ke biner menjadi…? 1112. Mantap. Maka hasilnya adalah 1011112. Jamin benar deh…. :)

—————————————————————————————————————————————-

Hmm…berarti…sekarang giliran konversi oktal ke heksadesimal.

Untuk konversi oktal ke heksadesimal, kita akan membutuhkan perantara, yaitu bilangan biner. Maksudnya? Maksudnya adalah kita konversi dulu oktal ke biner, lalu konversikan nilai biner tersebut ke nilai heksadesimalnya. Nah, baik yang konversi oktal ke biner maupun biner ke heksadesimal kan udah dijelaskan. Coba buktikan, bahwa bilangan oktal 728 jika dikonversi ke heksadesimal menjadi 3A16. Bisa kan? Bisa dong… ;)

—————————————————————————————————————————————-

Selanjutnya adalah konversi bilangan heksadesimal ke desimal.

Untuk proses konversi ini, caranya sama saja dengan proses konversi biner ke desimal, hanya saja kali ini perpangkatan yang digunakan adalah perpangkatan 16, bukan perpangkatan 2. Sebagai contoh, saya akan melakukan konversi bilangan heksa C816 ke bilangan desimal. Maka saya ubah dulu susunan bilangan heksa tersebut, mulai dari kanan ke kiri, sehingga menjadi sebagai berikut :

8

C

dan kemudian dilakukan proses perkalian dengan perpangkatan 16, sebagai berikut :

8 x 16o = 8

C x 161 = 192     ——> ingat, C16 merupakan lambang dari 1210

Maka diperolehlah hasil konversinya bernilai 8 + 192 = 20010.

—————————————————————————————————————————————-

Tutorial berikutnya, konversi dari heksadesimal ke biner.

Dalam proses konversi heksadesimal ke biner, setiap simbol dalam heksadesimal mewakili 4 bit dari biner. Misalnya saya ingin melakukan proses konversi bilangan heksa B716 ke bilangan biner. Maka setiap simbol di bilangan heksa tersebut saya konversi terpisah ke biner. Ingat, B16 merupakan simbol untuk angka desimal 1110. Nah, desimal 1110 jika dikonversi ke biner menjadi 10112, sedangkan desimal 710 jika dikonversi ke biner menjadi 01112. Maka bilangan binernya adalah 101101112, atau kalau dibuat ilustrasinya seperti berikut ini :

B                         7       —-> bentuk heksa

11                       7       —-> bentuk desimal

1011                0111  —-> bentuk biner

Hasilnya disatukan, sehingga menjadi 101101112. Understood? ;)

—————————————————————————————————————————————-

Yang terakhir adalah konversi heksadesimal ke oktal.

Nah, sama seperti konversi oktal ke heksadesimal, kita membutuhkan bantuan bilangan biner. Lakukan terlebih dahulu konversi heksadesimal ke biner, lalu konversikan nilai biner tersebut ke oktal. Sebagai latihan, buktikan bahwa nilai heksadesimal E716 jika dikonversi ke oktal menjadi 3478. Hehe…Kamu bisa!!!

—————————————————————————————————————————————-

Edit:

Untuk memudahkan pencarian dan pembelajaran, saya cantumkan link ke artikel saya yang lain yang berhubungan dengan konversi bilangan. Kalau saya ada membuat artikel yang baru pada topik ini, akan saya cantumkan juga nanti. Silahkan dikunjungi. :D

Konversi Bilangan Pecahan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal

Konversi Desimal ke Biner dalam Bahasa C

BCD (Binary Coded Decimal)

About these ads

Written by medisonsimbolon

Juli 9, 2008 pada 11:35 pm

250 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Kalau ada yang salah tulis, atau ada yg ‘kayaknya aneh’, ato apa aja deh… silahkan berkomentar… :)

    medisonsimbolon

    Juli 11, 2008 at 11:29 am

    • klo s’umpamanya di jdi’in prog c# bisa nggak?????☺☻

      paiz

      April 9, 2010 at 2:02 pm

      • Wah, maaf. Kalau C#, saya kurang ada pengalaman. Dicoba2 saja dulu sendiri ya. :D

        medisonsimbolon

        April 9, 2010 at 6:03 pm

    • terima kasih banyak. besok saya uts :)

      mochammad irsyad

      Oktober 24, 2012 at 9:17 pm

      • sama2.. :)

        medisonsimbolon

        Oktober 25, 2012 at 7:53 am

    • Pak, bahasan Heksadesimal ke Oktal Itu, E7 bukannya 367 pak? Soalnya saya dapat biner nya 1111_0111. Trus kalau diubah ke oktal lagi, 011_110_111=367 pak. Mohon pencerahannya pak.

      • Oh iya saya yang salah pak -___-” E7=1110_0111. 011_100_111=347. Makasih banyak ya pak pencerahan nya. Maaf tadi -_____-”

      • Walah, padahal baru mau dibales barusan. Hehe.. Oke deh.. :D

        medisonsimbolon

        Oktober 29, 2012 at 3:58 pm

  2. ajarin saya ya bagaimana caranya
    4,095 desimal sagar dapat menjadi bilangan heksa desimal???????????????????????????????????

    yosi

    Oktober 6, 2008 at 8:21 pm

  3. udah saya balas tuh ke emailnya.. mudah2an berguna… :D

    medisonsimbolon

    Oktober 11, 2008 at 9:54 pm

  4. mas…
    saya mahasiswa baru di universitas bhayangkara surabaya…
    saya kepingin jadi progremer sekaligus disainer web mas…
    bimbing saya mas yaaa….

    achmad

    Oktober 18, 2008 at 2:59 pm

  5. sebisa saya pasti saya bantu kok… :D

    medisonsimbolon

    Oktober 20, 2008 at 7:59 pm

  6. mas gimana bila konversi bilangan desimal ini penerapany dalam c++.kan ga ditentuin tu berapa kali pembagiannya hingga nilai terakhir=0.

    terus bagaimana bila hsl akhr |= 0.karena rekadang 2 pangkat 0 dipakai hingga brnilai 1

    harpan

    Oktober 28, 2008 at 1:05 am

  7. ou. . .iya mas lupa, bagaimana bila jumlah digit nya ditentuin ,dan lebuh besar/banyak dari pada bilangan desimalnya.

    contoh:tentukan 8 digit bilangan biner untuk bilangan desimal 8(dalam program)

    ma kasih ya mas. . .

    harpan

    Oktober 28, 2008 at 1:25 am

    • tlng ksh gw 10contoh soal+jawaban donk tentang konversi bilangan..
      thenx ye

      fahmi

      Desember 2, 2010 at 11:13 pm

      • coba cek di pertanyaannya gio di bawah, saya udah kasih referensinya. semoga membantu. :D

        medisonsimbolon

        Desember 4, 2010 at 10:04 am

  8. udah saya posting tuh jawabannya.. coba aja dicek..

    medisonsimbolon

    Oktober 31, 2008 at 7:46 pm

  9. Kalo boleh nyaran, boleh lah ditambah bilangan BCD.
    Thanks.

    Chandra MDE
    http://telinks.wordpress.com

    chandramde

    November 25, 2008 at 3:43 pm

  10. medisonsimbolon

    November 28, 2008 at 10:52 pm

  11. Maaf ya mas medison, mau tny gmn kalo konversi bilangan biner maupun lainnya yg menggunakan koma?

    Trims..

    Andhika

    Desember 7, 2008 at 8:41 pm

  12. Kalau Bilangan 5 bilangan desimal di konversi ke hexsadecimal brp hasilnya ya..???

    Hebron

    Desember 9, 2008 at 10:16 am

  13. Andhika : Coba dilihat di postingan saya yang berjudul “Konversi Bilangan Pecahan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal”. Mudah2an bisa membantu.. :D

    Hebron : Heksadesimal kan dibagi 16 tuh. Jadi, 5 : 16 = 0 sisa 5. Maka hasilnya tetap 5h..

    medisonsimbolon

    Desember 10, 2008 at 8:30 pm

  14. makasih mas..lebih komplit daripada courseware saya..selesai deh tugas ngonversinya..mksh yaaa

    cheuw

    Januari 5, 2009 at 12:04 am

  15. sama2… senang bisa membantu.. :D

    medisonsimbolon

    Januari 6, 2009 at 8:01 pm

  16. om dison klo ad tolong ajarin sekalian yang penjumlahan bilangan biner perkalian sm yang perkalian-ny jg donk..
    ^^ ..

    Laharl

    Januari 7, 2009 at 2:11 pm

  17. Untuk penjumlahan, sama aja dengan penjumlahan bilangan desimal biasa. Hanya saja, di biner, 1 + 1 = 10. Itu bukan 10 desimal, tp 10 biner. Jadi kalau dikonversi ke desimal, nilainya jadi 4.

    Contoh :
    101 + 010 = 111.
    010 + 110 = 1000.

    Untuk perkalian, tetap saja sama dengan perkalian desimal.
    1 x 1 = 1.
    0 x 0 = 0.
    1 x 0 = 0. —> semuanya sama bukan?

    Dengan modal rumus2 di atas, harusnya sudah bisa mengerjakan contoh berikut :

    10 x 11 = 110.
    11 x 11 = 1001.
    101 x 100 = 10100.

    Ok? Mudah2an bisa membantu…

    Oya, jgn panggil OM dong.. Panggil nama aja juga boleh kok. Umur masih di bawah 25 nih.. Hehe.. :D

    medisonsimbolon

    Januari 9, 2009 at 11:21 pm

  18. Mas Bisa Minta tolong gak??
    bisa membuat penjumlahan bilangan biner pake c++ atau program lain??
    Kalo bisa tolong kirimkan ke email saya ya???
    sebelumnya terima kasih…….

    jothankz

    Februari 22, 2009 at 9:01 pm

  19. Saya mau nanya kalo 0810520079 dikonversi ke biner,heksa,oktal,bilangan basis 5(Radix5) brapa dan gimana langkahnya……………………????????????????????????????????
    Tolong dikirim ke email saya…….

    Nettrezz

    Maret 25, 2009 at 11:18 am

  20. tolongin tugas saya ya mas
    * konversikan ke dalam decimal, binary, hexa decimal
    65454237, 741231656

    * FF1
    E2
    —–x

    tolong ya mas,

    ovenk

    Maret 25, 2009 at 2:40 pm

  21. @ Nettrezz & ovenk :
    Wah Mas/Mbak, tinggal baca aja yg udah saya terangkan di atas.. Gampang kok. Buktinya liat aja komentar2 yg sebelumnya. Jgn saya yg disuruh kerjain dong.. Hehe. :P Sip?

    medisonsimbolon

    Maret 25, 2009 at 11:08 pm

  22. mangstab
    komplit tutor nya

    rajim

    Agustus 6, 2009 at 11:02 am

  23. mana yang pacahan desimal nya???? kasih tau donk………..

    nalen666

    Agustus 25, 2009 at 4:17 pm

  24. udah tuh.. judulnya konversi bilangan pecahan desimal ke heksa. :) cek aja..

    medisonsimbolon

    Agustus 25, 2009 at 9:28 pm

  25. Terima kasih banyak Pak. Jadi mengingatkan saya.. Kebetulan sekarang saya sedang mengajarkannya untuk siswa saya.. :)

    fxekobudi

    Agustus 26, 2009 at 10:34 pm

  26. Sama2, Pak.. Senang bisa membantu.. :D

    medisonsimbolon

    Agustus 27, 2009 at 10:32 pm

  27. @Yosi
    Lu Ngerti yang Namanya Desimal kga ???
    skarang gw tanya 4,095 = Desimal ??

    Yang Namanya Desimal ga pake (koma) bos…

    Desimal itu adlh Semua Bilangan Bulat yang meliputi angka 0-9…

    Mysterious

    September 15, 2009 at 4:16 pm

  28. @Mysterious

    Mas, kalau yang tidak pakai koma itu, namanya ‘bilangan bulat’. Kalau ‘bilangan desimal’, bisa bulat, bisa pecahan. Ok?
    Tadinya saya tidak mau approve komentar dari Mas, tapi kayaknya lebih baik ditampilkan. Supaya tidak salah lagi..
    Lain kali, kurangi keinginan untuk cepat2 mengkritik orang lain. Malu lo, kalau kita ribut2, tau2 kita yang salah. :D

    medisonsimbolon

    September 16, 2009 at 11:13 pm

  29. wah,, makasih banyak yach.. saya baru masuk smster 1, makannya butuh bgt nih,,, dasar2 gini… makasih bgt ^_^

    komang (unikom)

    September 27, 2009 at 5:25 pm

  30. sama2.. saya juga cuma bisa dasar2 aja.. :P

    medisonsimbolon

    September 27, 2009 at 7:45 pm

  31. mkasi bgt y
    blognya
    ngbantu bgt nyelesein tgs osjur

    rahma

    Oktober 12, 2009 at 6:00 pm

  32. kk yg baik ati…
    mau tny ini..
    kok smua blg biner/oktal/heksadesimal menggunakan awalan 0??
    gmn cerita awalnya???
    oh iya, mau tny lg ne…
    asal muasal konversi bilangan itu ap??
    sp penciptanya? trus tujuan dari adanya konversi bilangan ap??
    thx kk yg baik bt jawabannya…
    mohon dijawab dgn cpet y kk, soalnya saya ad presentasi 1 hr lg…
    terimakasih…..

    suhadi

    November 9, 2009 at 9:43 pm

  33. @suhadi:
    Biasanya bilangan2 itu direpresentasikan dalam 1 byte. 1 byte itu terdiri dari 8 bit. Jadi, kalau misalnya bilangan binernya terdiri dari 3 bit, seperti 111, direpresentasikan jadi 00000111. Bilangan 0 di depan itu tidak memberi pengaruh apa2, jadi kalau ditulis banyak2 juga ga masalah. Sama saja tuh, sebenarnya. :D

    Mengenai asal muasal, supaya referensinya lebih jelas, coba dilihat di wikipedia. Alamatnya di http://en.wikipedia.org/wiki/Binary_numeral_system

    Ok? Semoga membantu..

    medisonsimbolon

    November 10, 2009 at 8:49 am

  34. ito, aku mau dong pengkonversian bilangan basis dalam bahasa c atau c++, tolong kirim ke email aku ya..
    Butuh banget nih buat belajar..

    terimakasih..

    nia nia

    November 26, 2009 at 1:53 pm

    • Sudah tuh.. Semoga membantu. :)

      medisonsimbolon

      November 28, 2009 at 2:26 pm

  35. son. bisa minta rangkuman smuana gk dr yg u diskusiin ini dalam bentik PDF…
    kl bisa,kirim ke email gw ya.thanks b4….

    malik.

    Desember 1, 2009 at 9:10 pm

    • Wah, kalau mau semuanya (sama komentar2nya), di-save as aja mas. Kalau pdf-nya ga ada. Maaf2.. :)

      medisonsimbolon

      Desember 1, 2009 at 10:36 pm

      • jdi klu cara untuk mnghtung hasil pembagianny gmn y pak…..?????

        JUNAEDI STMG

        Desember 7, 2009 at 11:26 pm

  36. @JUNAEDI:
    Wah, kalau untuk pembagian, sepertinya saya harus buat artikel khusus. Soalnya, penjelasannya harus cukup panjang supaya mudah dimengerti. Nanti pelan2 saya coba buat ya? Untuk sementara, coba lihat dari tempat2 lain dulu ya. Maaf2.. :)

    medisonsimbolon

    Desember 8, 2009 at 10:39 pm

  37. Top lahh Untuk rep anak sKolah

    lin

    Desember 12, 2009 at 12:44 pm

  38. tolong bantuin dong ,…
    kalo desimalnya 815 ama 1105 heksadesimalnya,ama biner nya berapa??
    trus kalo binernya 01110101 ama 1010111 desimalnya ama heksadesimalnya berapa …?
    dan
    kalo heksadesimalnya a2c ama 9f1 desimal ama binernya berapa ..??
    tolong yaaa
    pleasssseee

    Dio

    Desember 14, 2009 at 6:25 pm

  39. thanks bnet pak…..!!!
    ntar klo ada diskusi yang baru kasih tau y pak…!!
    klo bsa kirim k e- mail saya y pak…!
    thanks b4

    aza

    Januari 11, 2010 at 12:43 am

  40. Trima kasih bnyak ya Mas atas bantuan Tutorialnya di atas . . .
    GBU :-D

    IsaaC

    Januari 22, 2010 at 2:36 pm

  41. ngeryyyyyyyyyy,…….
    kok bs baik banget ni org!!!
    gw mw blajar jg ahhhhhhh
    wuhahahaaaa
    peaceeeeeeee..
    nice to meet you medisonsimbolon!!
    gw salut ma lu!!!
    good luck!!

    paknek

    Februari 6, 2010 at 12:46 am

    • Hehe.. Makasih, makasih.. Semoga sukses! :D

      medisonsimbolon

      Februari 6, 2010 at 8:22 am

  42. mas…bisa gk hexadesimal dikonversi langsung ke octal?trims

    ozi

    Februari 14, 2010 at 3:19 pm

    • Hmmm… Setahu saya sih tidak bisa Mas. Sepertinya menarik juga kalau bisa langsung, tapi setelah saya ulik-ulik tadi, belum ketemu jawabannya… :D

      medisonsimbolon

      Februari 14, 2010 at 8:16 pm

  43. boleh minta prog.c nya konversi hexa ke biner? desimal ke biner juga ^^
    oia, kenapa ya kalo pake hex dishift itu hasilnya suka ada angka depan yang muncul,
    mis.
    X = 0xF0
    X << 3
    hasilnya 0×780
    makasih..

    rea

    Februari 16, 2010 at 8:23 am

  44. boleh minta prog.c nya konversi hexa ke biner? desimal ke biner juga ^^
    oia, kenapa ya kalo pake hex dishift itu hasilnya suka ada angka depan yang muncul,
    mis.
    X = 0xF0
    X << 3
    hasilnya 0×780
    makasih..
    oya, saya hitung manualnya pake 8 bit.

    rea

    Februari 16, 2010 at 8:27 am

    • Untuk desimal ke biner saya sudah pernah post. Coba cek di https://medisonsimbolon.wordpress.com/2008/10/31/konversi-desimal-ke-biner-dalam-bahasa-c/
      Tapi sepertinya itu juga bukan cara yang paling singkat. Hehe… Kalau untuk hexa ke biner, belum ada saya post. Saya juga belum sempat buat. Coba cek di tempat lain ya… :D
      Oya, soal shift, ceritanya begini. Dalam kasus di atas, nilai awal X adalah 0xF0. Coba konversi dulu ke biner (16 bit). Hasilnya
      0000000011110000
      Nah, yang di-shift itu ya yang binernya. Jadi kalau contoh di atas dia di-shift sebanyak 3 ke kiri (istilah lebih mudahnya kira-kira adalah “digeser 3 langkah ke kiri”), maka hasilnya adalah
      0000011110000000
      Bilangan tersebut kalau dikonversi jadi 0×780. Persis sesuai dengan angka yang Mbak kasih. :D
      Sip? Semoga membantu.

      medisonsimbolon

      Februari 16, 2010 at 11:11 am

      • Oya, kalau pakai 8 bit, berarti cara hitungnya begini.
        11110000 —> nilai awal
        11100001 —> 1 kali shift
        11000011 —> 2 kali shift
        10000111 —> 3 kali shift
        Jadi karena proses shift dilakukan pada 8 bit, angka 1 yang di kiri muncul lagi di kanan. Dengan demikian, hasil akhirnya adalah
        10000111 atau kalau dikonversi ke hexa menjadi 87h. :D

        medisonsimbolon

        Februari 16, 2010 at 11:18 am

  45. mas mau nanya kalau konversi bilangan di codingkan di c++ gmn caranya???
    ngitung” nya mudah tp kalah suruh buat ke c++ nyerah dah…..^^
    Mohon bimbingannya

    Stef

    Maret 7, 2010 at 6:45 pm

    • Kan sudah saya buat kode pemrograman untuk C-nya. Tinggal disesuaikan lah untuk C++ nya… :D

      medisonsimbolon

      Maret 10, 2010 at 4:07 pm

  46. yth: pak medison simbolon

    saya kebingungan ama soal ini, apakah disebut matematika atau teka teki karena keduanya sih sama sama mencari jawaban
    pertanyaan bikal:
    1. apabila pertanyaan ini matematika, matematika apakah namanya?
    2.yang saya butuhkan adalah salah satu hasil diantara A,B,X atau Y, (bila jawaban Y didapat maka A,Bdan X sudah terjawab)
    3.dengan sangat pak medison simbolon dapat menjabarkan cara hasilnya, karena saya sudah coba namun hasil jawabannya sangatlah banyak,mudah mudahan bapak dapat memperkecil jawaban tersebut
    inilah dia pertanyaan saya pak
    2675 +2675=5350
    A + B =27325
    ______________
    X + Y =30000

    hasil 27325 didapat dari 30000-5350

    hning

    Maret 15, 2010 at 1:35 am

    • Waduh.. Maaf, saya agak kurang mengerti juga maksud soalnya. Namun, di akhir soal disebutkan
      27325 didapat dari 30000 – 5350.
      Seharusnya kan 30000 – 5350 hasilnya 24650. Hmmm…
      Belum ketemu nih… Maaf, maaf… :D

      medisonsimbolon

      Maret 18, 2010 at 6:40 pm

  47. nice post..
    sngat brguna..!!

    visit blog saya jg y..
    br3gm4.wordpress.com

    bregma

    April 14, 2010 at 8:51 pm

  48. pagi,siang,sore,mlm kak..
    mnta bntuannya niCh…
    kalo penyelesaian bilangan desimal yg negtive ke bilangan biner bisa ga’ siy kak,,,
    Dtgu balasan secepatnya ya,,,mkasiy kak….

    ayiE

    April 27, 2010 at 7:56 am

  49. Mas,,, kalau bilangan real kalau dibinerkan gimana caranya ya ?? misal : 65,625 nilai binernya berapa ??? Thx untuk penjelasannya :)

    fitrisusanti

    Mei 3, 2010 at 11:21 am

    • Hmmm.. Boleh dicek di kalkulator aja ya, Fit? Hehe..

      medisonsimbolon

      Mei 3, 2010 at 9:24 pm

  50. kalau membuat tulisan bergerak pada borland c++ gmn caranya ya mas???
    mksdnya ada tulisan dibuat bergerak ke tempat lain…punya contoh programnya gak mas…kalau ada minta kirim ke email dong

    stef

    Mei 16, 2010 at 8:03 pm

  51. Mantap mas, artikelnya sangat berguna sekali.. kalau bisa ngebahas ipv6 disini.. ditunggu kabarnya mas :)

    Widianto

    Juni 30, 2010 at 11:11 am

  52. informasi yang bagus

    ball

    Juli 18, 2010 at 11:42 am

  53. Dik Medi,
    Kok aku coba untuk Yang terakhir ==> konversi heksadesimal ke oktal.

    nilai heksadesimal E716 jika dikonversi ke oktal menjadi 367(8) ya, bukan seperti yang kau referensikan =>347(8).
    sudah ku coba berulang kali tetap hasilnya 367(8), apa yang salah ya?

    Perhitungan yang kulakukan begini :

    E 7 bilangan Heksadesimal

    15 7 bentuk Desimal

    1111 0111 bentuk biner

    011 110 111 bentuk yang akan dirubah ke oktal

    3 6 7 => Bentuk Oktal.

    Tolong di koreksi ya dik, hitunganku salahnya dimana?

    Terima kasih

    Tatien

    Juli 23, 2010 at 10:56 am

    • Itu kelirunya di konversi E-nya Bu. Harusnya E itu 14, bukan 15. :D
      Trims

      medisonsimbolon

      Juli 23, 2010 at 8:04 pm

  54. gak ada tutor bil.oktal yg berkoma, dan bil bernilai negatif ya?

    wong

    Agustus 26, 2010 at 10:07 pm

    • wah, blm ada mas/mbak. maaf ya.. :)

      medisonsimbolon

      Agustus 26, 2010 at 10:30 pm

  55. salam kenal pak,
    sebelumnya sudah ada yang tanya bagaimana mengkonversikan bil desimal 4,095 ke heksadesimal.

    Boleh saya tau lanhkah-langkah pengerjaannya?

    kalau bisa kirim juga ke email saya jg gak pa2
    hehehe…. (udah mnt tolong, ngerepotin lg)

    andi irawan

    Oktober 4, 2010 at 4:48 pm

    • Sudah saya email ya Mas.. :D

      medisonsimbolon

      Oktober 4, 2010 at 10:08 pm

      • terima kasih pak medison,

        sukses selalu

        andi irawan

        Oktober 5, 2010 at 2:09 pm

  56. kak mw tnya,
    klo penulisan yg octal n hexadecimal antara angka pertama dengan angka kedua nya di kasih spasi ga?
    thx b4 :)

    edy

    Oktober 7, 2010 at 7:29 am

    • Setahu saya ga ada pakai spasi tuh.. :D

      medisonsimbolon

      Oktober 7, 2010 at 2:15 pm

  57. mas tolong saya di ajarin bagaimana caranya membuat program konversi biner, desimal,atau hekdesimal

    abdul rahim

    Oktober 28, 2010 at 3:27 pm

  58. mas makasih bngt yah….sering2 ajah bagi2 ilmu….hehe..

    Haris

    Oktober 29, 2010 at 2:26 pm

  59. wah,,,,,mas tlong ajrin q donk gmna c hal yng lbih mdah untuk bljar blangn konversi ini,,,,

    mariyam

    November 1, 2010 at 11:07 am

    • Kayaknya yg saya terangin sudah lumayan mudah kok. Dicobain aja dulu. Latihan yang banyak. :)

      medisonsimbolon

      November 1, 2010 at 12:02 pm

  60. mas nanyak nh,,, lok pertanyaan yang kyak gini itu gmna sh cz blom ngrtibneran. ni prtanyaanya mulai ya,, he.he
    1. brapa nilai yang tersimpan dalan 2 byt bilangn inyeger berikut
    a. 000 0001 1010 1010
    b. 1111 1110 1101 0101
    dijawab ya mas please!!!!!

    nia

    November 5, 2010 at 3:13 pm

    • a. 426
      b. 65237

      Semoga membantu. :D

      medisonsimbolon

      November 7, 2010 at 4:30 pm

  61. ada contoh program pascal konversi Oktal ke biner, oktal ke desimal, oktal ke hexa desimal..
    tolongin dong?? klo ada post ke e-mail ya

    ricky

    November 7, 2010 at 2:01 pm

    • Wah, kalau Pascal blm ada Mas. Maaf ya.. :D

      medisonsimbolon

      November 7, 2010 at 4:27 pm

  62. gan w mau minta tolong dong !!!!!
    w dpt soal ni coz w baru masuk mata kuliah ini
    penjumlahan 1101101 +111011
    pengurangan 1101101 – 111011
    perkalian 1101101 * 101

    tolongin w gan >>>>>>>>>>>>>

    seven yakuza

    November 9, 2010 at 9:18 pm

    • 168
      50
      545

      Semoga membantu. :D

      medisonsimbolon

      November 10, 2010 at 7:35 pm

  63. horas tulang..
    ada gak situs yang tentang soal-soal tentang sistem bilangan beserta jawabannya??

    plisss

    cepat diblz yh tulang

    gio

    November 10, 2010 at 4:07 pm

  64. Pak, bagus skali..
    Saya izin copas di blog tugas saya yaa.. :)

    Mawar

    November 17, 2010 at 5:16 pm

    • silahkan, selama alamat sumbernya dicantumin juga. :D

      medisonsimbolon

      November 17, 2010 at 7:14 pm

  65. mas kenapa yang konversi dari BINER ke DESIMAL ko urutannya di ubah sih???kenapa mesti di ubah???

    krim ke arif.ucil@gmail.com ya mas..

    thx

    arif

    November 26, 2010 at 10:43 pm

    • ga usah diubah jg gpp sih. itu pengubahan urutan supaya memudahkan kita dalam perhitungan aja, jadi kita bisa memulai dari pangkat 0. :D

      medisonsimbolon

      Desember 4, 2010 at 10:05 am

  66. wah bener bener mantab,bang mau berbagi ilmu ama kita terutama saya yang otaknya jadul,sukses terus moga tuhan memberkahi,ijin copas buat belajar di kos,salam kenal bang.

    ika

    Januari 6, 2011 at 10:42 am

    • oke, silahkan saja..
      salam kenal juga. :D

      medisonsimbolon

      Januari 6, 2011 at 1:56 pm

  67. salam kenal bang simbolon, kebetulan saya juga dari medan. blog bang simbolong bagus sekali, sangat berguna sekali bagi saya yang kuliah lagi. mohon saran bang simbolon saya berencana mau buat skripsi mengenai robot. apakah ada buku atau web yg bagus mengenai itu bang, thanx sebelumnya ya bang

    Reza

    Januari 10, 2011 at 10:19 pm

  68. ka klu bs pnjlsn mgenai bil.negatif desimal ke biner di bhsx indonesia donk
    thank

    rama

    Februari 18, 2011 at 1:44 pm

    • Waduh, saya belum sempat buat. Nanti kalau ada waktu, saya buatin deh. Untuk sementara, coba lihat dari sumber lain dulu ya. Maaf.. :D

      medisonsimbolon

      Maret 24, 2011 at 9:28 pm

  69. gan w mau minta tolong dong !!!!!
    w dpt soal ni coz w baru masuk mata kuliah ini
    penjumlahan 1101101 +111011
    pengurangan 1101101 – 111011
    perkalian 1101101 * 101
    tolongin w gan >>>>>>>>>>>>>
    seven yakuza

    168
    50
    545

    Semoga membantu. :D

    medisonsimbolon

    tolong gw minta penjelasan dari jawaban di atas..penasaran..

    sekalian minta penjelasan konversi desimal 4,095 ke hexa?? saya cek pake kalkulator hasilnya FFF

    mohon dikirim email..trimakasih sebelumnya..

    ainun16

    Februari 18, 2011 at 10:03 pm

  70. kok kayaknya ada yg aneh,,yah,,cb kalo binner ke heksa 1011001 kalo dihitung pake tangan ma pake calkulator hasilnya beda yah

    ditdin

    Maret 9, 2011 at 7:33 pm

    • Beda gmn mas? Hitung pakai kalkulatornya emg caranya gimana?

      medisonsimbolon

      Maret 19, 2011 at 5:19 pm

  71. thanks yua atas informasi y…

    muadzemail

    Maret 23, 2011 at 11:25 am

  72. bilangan biner

    muadzemail

    Maret 23, 2011 at 11:37 am

  73. kok beda kayak yang di jelasin dosen yah…??
    malah jadi plin plan…

    agaz

    Maret 31, 2011 at 9:58 pm

    • bedanya di mana Mas/Mbak? :)

      medisonsimbolon

      April 1, 2011 at 12:38 pm

  74. mat pgi… naxk nih, kalau program C++ itu gimana awalnya ya??? cz baru mulai belajar.. he.he. jwab di email saya aja ya k……..

    nia

    April 5, 2011 at 11:15 am

  75. maaf y, tp konversi dari desimal ke heksa desimal itu salah..
    Jawab ny bukan F3 tapi A3..

    boby irawan

    April 16, 2011 at 12:19 pm

    • benar kok Mas.. cobain aja di kalkulator. hasilnya memang F3.. :D

      medisonsimbolon

      April 24, 2011 at 8:34 pm

  76. pembuktian 2 pangkat 0 =1 tongong ya mas

    indra

    April 16, 2011 at 9:39 pm

  77. mantab bang postinganx,,,brguna bgt nhe,,, bwt ane yg bru msuk smester 2,,,,
    dtunggu bang postingan2 lainx,,,,,

    by ade,,,,,,,,
    STMIK WiCiDha Samarinda

    putrakaltim

    April 23, 2011 at 5:32 am

    • oke.. makasih ya.. :D

      medisonsimbolon

      April 24, 2011 at 8:31 pm

  78. o iya, sory y mas . . . :-)
    Gw sala liat tabel,

    Mas bener kok, ok dah..

    boby irawan

    April 30, 2011 at 8:44 pm

  79. mas…bisa bantu saya buatin tabel dari desimal ke biner dari 1 samoe 1000….

    makasih swbwlumnya

    fahmi

    Mei 7, 2011 at 1:30 pm

  80. Bemanfaat banget mas. walaupun saya belum blajar smpai pelajaran konversi, tpi sya sdh mngrti cara2 nya (sya msih kelas 1 SMA mas :D)

    Kevin Blaze Coolerz

    Juli 11, 2011 at 12:08 pm

    • Wah, mantep. Semoga sukses ya.. :D

      medisonsimbolon

      Juli 28, 2011 at 1:33 pm

  81. kalo bilagan desimal dari 1 sampe 100 ke biner, apa ya.?

    pradipta

    Juli 21, 2011 at 4:11 pm

  82. thanks a lot, ka.
    untung ajj ada blog ini,
    jdi saya bisa ngerjain tugas komputer saya :))

    thumbs up deh buat blog ini. hehe.. :D

    Jane Lindsay

    Agustus 28, 2011 at 10:54 am

  83. permisi mau tanya dong.. itu yg perubahan oktal menjadi heksadesimal.. minta pembahasannya dong.. soalnya hasil saya kok beda yah??
    di saya.. setelah oktal berubah jdi biner angkanya : 11110
    setelah di rubah lagi jdi heksa, brarti kan di buat 2 kelompok.. 0001 dan 1110.. nah hasilnya malah 1E.. mohon koreksinya dong master..

    yusrilmaulidan

    September 14, 2011 at 7:44 pm

  84. kak klo mngkonversikan bilgn desimal 0,125 ke bilgn biner gmn???
    trimz

    thami

    September 19, 2011 at 9:29 pm

  85. klu 1,5 di konversi ke biner bgmana cara’a.mhn bantuannya.

    Ramdhan Hakim

    Oktober 1, 2011 at 8:01 pm

  86. pak ajari aku yang ini45(18)=____(10)

    Lambok Sinaga

    Oktober 8, 2011 at 4:02 pm

  87. Salam kenal pak neh saya mau tanya gimana cara oktal ke desimal

    Tommy

    Oktober 10, 2011 at 7:14 pm

  88. aku masih belom ngerti ttg penjumlahan kali bagi kurang sistem bilangan,,
    bisa jelasin gak kak..??
    email fb kakak apa??
    aku add donk…

    ifoyuda

    Oktober 11, 2011 at 7:49 am

  89. makasih banyak gan, bermanfaat sekali :D

    rio ramski

    Oktober 11, 2011 at 4:20 pm

  90. kalo cara konversi penjumlahan ato pengurangan bil desimal ke biner gmn kira2?

    sierra1010

    Oktober 12, 2011 at 5:18 am

  91. maksudnya angka 10 ataw 2 yg kecil itu loh, yng ada di blakan gka fungsinya apa??

    master

    Oktober 17, 2011 at 5:38 pm

  92. bagaimana mengubah angka 2397 dari oktal ke biner?
    tolong ya..

    LIA

    Oktober 21, 2011 at 2:41 pm

  93. Terima kasih Pak. Kemarin saya diterangkan dosen soal konversi bilangan desimal ke biner-oktal-hexa, tp sama sekali ndak mudeng.

    Sekarang lihat penjelasan Pak Medison saya jd ngerti maksudnya. ^^

    Andre Lao

    Oktober 22, 2011 at 11:56 am

  94. alhamdulillah….maksih ya, sangat membantu untuk ujian besok.. :-)

    yaniari_SP

    Oktober 26, 2011 at 9:06 pm

  95. Aa, mna soal teorinyaa ?????????????????????????????

    novita

    November 2, 2011 at 9:37 pm

  96. terima kasih pak berguna sekali untuk saya.
    saya jadi lebih memahami.
    sukses selalu.

    rizki aprillian

    November 6, 2011 at 10:18 pm

    • (187)10=(….)2=(….)8=(….)16 berapa hasil nya

      ema eka pitri

      Desember 16, 2011 at 11:49 am

  97. :)

    Putri

    November 15, 2011 at 6:57 pm

  98. sangat membantu, thanks so much!

    anonymous

    November 24, 2011 at 8:09 pm

  99. Terima kasih atas infonya.. Sangat mudah dipahami dan sangat membantu sekali :)

    Amertya Ardya

    November 27, 2011 at 1:48 pm

  100. makasih banyak ^ ^ ini berguna banget! keep writing!

    kyuliner

    Desember 5, 2011 at 8:40 am

  101. mas klo soal (11011110)bcd di bkin hexa ,oktal ,desimal gmn ya mas??tolong di blz ya

    andre

    Desember 13, 2011 at 7:03 pm

  102. ada, dlam bentuk power point ndak?
    materinya uda keren, sangat membantu,,
    thanks ya mas..(^_^)

    adhen

    Januari 24, 2012 at 2:19 pm

  103. kalau 1,2,3,4,6 itu nama angka apa???

    Charlie

    Januari 25, 2012 at 5:44 pm

  104. bos gimana cara memecah kan hitungan fit : conto 1 fit berapa mili miter.
    Kalo menghitung tabel besi

    dafet

    Februari 4, 2012 at 8:16 am

  105. sip mas makasih artikelnya top***

    shine

    Februari 5, 2012 at 9:54 am

  106. bos .sy kasi conto .gimana kalo cari drajat bangunan.rumus nya apa .cotoh:ada bangunan rangka baja wf.tinggi 10m
    Lebar 8 m
    Nah .kalo drajat nya .berapa.
    Sin.cos.tan.

    dafet

    Februari 7, 2012 at 7:06 pm

  107. pak maaf mau nanya nih, kok saya bingung y kalao ngitung sistem bilangan gmn y pak ?
    perasaan saya itu belajar tp gliran dikasih soal nya bingung metode perhitunganya yg cepat saya pahami bagaimana y pak???

    feni septiani

    Februari 23, 2012 at 8:36 pm

  108. nanya lagi nich q kan dpt tugas tu disuruh ngitung hasil dari bilangan desimal keheksa desimal,trus heksa desimal ke desimal.
    nah ni soalnya : desimal heksa desimal
    18 ………….
    27 ……….
    35 ………
    8 ………
    …………. 18
    …….. 2c
    ………… f
    ……… 2b
    cara ngitung dan hasinya tolong banget c kasih tau !

    feni septiani

    Februari 23, 2012 at 8:47 pm

  109. makasih banyak pak untuk artikelnya! kebetulan saya ujian matematika minggu ini :D

    crawlingladybug

    Februari 26, 2012 at 12:55 pm

  110. makasih atas informasinya<<<>>

    rafael

    Maret 28, 2012 at 10:30 am

  111. waaahhhh.. thanks a lot ya ^.^

    nishi

    Maret 30, 2012 at 12:23 pm

  112. Makasih banged pak, saya jadi lebih ngerti soal konversi bilangan…mantap ……lengkap banged latihannya… saya suka… apalagi besok saya uts jaringan komputer…berguna banged ni,,,,saya mahasiswa STMIK Mercusuar, Pondok Gede..thanks ya…^_^

    ang

    April 17, 2012 at 12:51 am

  113. terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat :)

    ag0y

    Mei 1, 2012 at 2:54 am

  114. gan,
    Sebenernya sih gak ada yg salah.
    Tp aku mau tanya satu hal.
    aku kesini karna ada yg mengganjal pada apa yg tertulis dibuku.
    Setelah aku google ternyata disini juga sama kyk buku.

    Gini gan..
    aku ambil contoh waktu convertdesimal ke biner.

    25 : 2 = 12 sisa 1
    12 : 2 = 6 sisa 0
    6 : 2 = 3 sisa 0
    3 : 2 = 1 sisa 1

    nah disini letak yg aku mau tanya .. Down !!
    1 : 2 = 0 sisa 1 —–> kok sisanya 1
    0 : 2 = 0 sisa 0 —–> kalau yg ini bisa masuk ke logika ku..

    Tp kalau yang ini !!
    1 : 2 = 0 sisa 1 kan beda dengan 3 : 2 = 1 sisa 1 ..

    Kalaupun 1 : 2 = 0 sisa 1 , kan seharusnya pada tahap akhir yaitu 0 : 2 = 0 sisa 0 , kalau berdasarkan perhitungan yg diterapkan pada 1 : 2 = 0 sisa 1 , maka harusnya 0 : 2 = 0 sisanya 2 gan..

    Disini aku bingung.

    kardinata

    Mei 12, 2012 at 12:54 pm

    • Hmm.. Berhubung mas/mbak bertanya seperti ini:

      “Kalaupun 1 : 2 = 0 sisa 1 , kan seharusnya pada tahap akhir yaitu 0 : 2 = 0 sisa 0 , kalau berdasarkan perhitungan yg diterapkan pada 1 : 2 = 0 sisa 1 , maka harusnya 0 : 2 = 0 sisanya 2 gan..”

      Maka saya coba jelasin seperti ini:
      7 : 2 = 3 –> sisanya adalah 7 – (3×2) = 1.

      Dengan logika yang sama, maka:
      0 : 2 = 0 –> sisanya adalah 0 – (0×2) = 0 (bukan 2).

      Karena tujuannya adalah “menghabiskan” angka yg di kiri sampai 0, maka jika angka tersebut sudah menyentuh 0, dan sisanya juga 0, maka perhitungan tersebut dinyatakan selesai.

      Mudah-mudahan cukup jelas ya… :)

      medisonsimbolon

      Mei 16, 2012 at 3:26 pm

  115. mas, minta tolong dong 3269 desimal ke hexadesimal.. hehe

    Adhy

    Mei 27, 2012 at 9:15 am

  116. bisa minta tolong ga cara bikin flowchart untuk penjumlahan dan pengurangan oktal..mohon bantuannya ya pak,,,terimakasih

    Retnaningrum

    Juli 28, 2012 at 8:06 pm

  117. waduh, aq ga bisa ngomong apa, terima kasih banget deh… ni yang punya blog. cakep abis.. tak doain, makin jos n banyak ilmunya kedepan….

    heldy

    Juli 30, 2012 at 12:15 am

    • makasih banyak Mas.. semoga sukses juga. :)

      medisonsimbolon

      September 11, 2012 at 11:40 am

  118. makasih atas amal.a..
    ini sangat berguna bagi saya pelajar kelas X baru..
    makasih banyak.. moga bermanfaat ajj..

    Ahmad

    September 3, 2012 at 7:53 pm

  119. gimaa tuh cra nya kalo10101,011 dari biner ke desimal?trus dri desimal ke biner nih soal nya 34,2 ? bra pa isi nya

    resti

    September 9, 2012 at 1:52 pm

  120. thanks karena infonya aku jadi dapat hasil yang memuaskan…….

    fachruri ali

    September 17, 2012 at 10:55 am

  121. iyoooooo

    nugraha wirawan

    Oktober 1, 2012 at 10:09 am

  122. mantap banget artikelnya

    Jaka

    Oktober 3, 2012 at 1:11 am

  123. izin copas bos

    hendra

    Oktober 14, 2012 at 10:41 am

    • silahkan. tapi jgn lupa sebutkan sumbernya ya. :)

      medisonsimbolon

      Oktober 14, 2012 at 7:37 pm

  124. Saya mau nanya dikit nhwy,,, apa saja shi perbedaan mengkonversi heksadesimal ke biner, dengan mengkonfersi desimal, oktal menjadi biner,,
    tolongk di balas dongk coz aku lagi butuh baget nhwy,,,,
    thanks,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    fhify lusubun

    Oktober 19, 2012 at 8:02 pm

    • Loh, bukannya di tulisan saya sudah dijabarkan secara lengkap perbedaannya? Hehe.. :)

      medisonsimbolon

      Oktober 19, 2012 at 11:56 pm

  125. Klo ngrubah dari desimal ke biner nanti hasil akhirnya harus 8 digit ya ??

    Wirids

    Oktober 21, 2012 at 7:28 am

    • Tidak harus. Misalnya, biner dari 2 adalah 10. Cukup 2 digit. Tapi, kalau mau dibuat jadi 8 digit juga bisa. Tinggal tambahin aja 0 di depannya, jadi 00000010. :)
      Semoga membantu…

      medisonsimbolon

      Oktober 21, 2012 at 8:33 pm

  126. pak saya mau tanya donk,,saya dapat tugas 9711147 dijadikan bilangan biner,nah yg saya bingunk angka biner itu kan 0 dan 1 nah angka 1 dalam soal itu diubah lagi atau tidak ya?trimakasih
    mohon penjelasannya,terus jadi beda antara konversi heksadesimal ke biner dengan konversi desimal dan oktal ke biner itu apa?
    mohon penjabarannya agar saya mengerty,,soalnya saya mendapat jawaban yg banyak dr berbagai sumber..

    vinta

    Oktober 24, 2012 at 11:06 am

    • Kalau dia sudah dalam biner, angka 1 tidak diubah lagi. Kalau masih dalam desimal, ya berarti masih harus diubah.

      Soal perbedaannya, sudah saya jelaskan kok di tulisan saya di atas. Semoga bisa dimengerti.. :)

      medisonsimbolon

      Oktober 25, 2012 at 7:48 am

  127. Kakak,… Kalau yang Ini bagaimana y?
    1. Jika 100100100bin=X; dan X adalah bilangan Hexadecimal, maka X adalah:
    2. Jika 64des=X; dimana X adalah bilangan octal, maka X adalah:
    3. Jika 1010101bin=X; dan X adalah bilangan decimal, maka X adalah:
    Aku Harus pake cara yang mana y ka? 😔😔
    Thx kakak….

    Azizah Handayani Putri

    Oktober 28, 2012 at 12:45 am

    • 1. Biner ke heksadesimal
      2. Desimal ke oktal
      3. Biner ke desimal

      Semoga membantu.. :)

      medisonsimbolon

      Oktober 29, 2012 at 3:59 pm

  128. 243 : 16 = 15 sisa 3.

    15 : 16 = 0 sisa F. —-> ingat, 15 diganti jadi F..

    0 : 16 = 0 sisa 0….(end)

    Nah, maka hasil konversinya adalah F316. Mudah, bukan? 8)

    SISA 3 sama F (15) atau 0 itu sisa dari mana ya ? saya kurang mengerti

    Didit Pradipta

    Oktober 29, 2012 at 7:09 pm

    • Saya jawabnya pakai 1 contoh saja ya. Soalnya penjelasannya cukup panjang.

      1) 243 : 16 = berapa?
      2) 243 : 16 = 15,1875.
      Ini hasil sebenarnya. Tapi, kita mencari bilangan bulat, bukan pecahan, maka…
      3) 16 x 14 = 224; 16 x 15 = 240; 16 x 16 = 256;
      Nah, dari sini kita dapat bahwa angka 15 lah yang paling dekat. Kalau 16, dikali dengan 16, hasilnya sudah 256. Sudah melewati 243.
      4) Setelah dapat bahwa 15 adalah jawabannya, maka kita cari sisanya.
      16 x 15 = 240; maka sisanya 243 – 240 = 3.
      Kesimpulannya, 243 : 16 = 15 sisa 3.

      Semoga membantu.. :)

      medisonsimbolon

      Oktober 29, 2012 at 7:21 pm

  129. artikel yang sangat bagus dan lengkap ini gan..
    dari bnyk artikel yg gw baca..

    ini artikel yang pling komplit deh hehe :D

    Andi wijaya

    Oktober 31, 2012 at 10:53 am

  130. Pak saya mau tanya, kalau bilangan 52,35 di ubah ke bilangan biner bagaimana caranya?

    Wirids

    November 4, 2012 at 5:01 pm

  131. 52 / 2 = 0

    26 / 2 = 0

    13 / 2 = 1

    6 / 2 = 0

    3 / 2 = 1

    1 / 2 = 1

    0 / 2 = 0 jadi 0110100

    kalo 35 ..

    35 / 2 = 1

    17 / 2 = 1

    8 / 2 = 0

    4 / 2 =0

    2/ 2 = 0

    1 / 2= 1

    0 / 2 = 0 jadi 0100011 gituu…

    asdasd

    November 4, 2012 at 7:45 pm

  132. sore sir, sy jd plong dgn artikel simbil nya, thnks……..

    Shinta Amborowati

    November 8, 2012 at 3:13 pm

  133. sir, desimal 32 dikonver ke hexa 32 : 16 = 2 sisa 0
    2 : 16 = 0 sisa 2 , maka hasilnya 20 benar gk yaaa…..??? knp bkn AA,
    krn asumsinya pd desimal 10 di hexa simbol A jd AA (10+10)

    Shinta Amborowati

    November 8, 2012 at 3:25 pm

    • 32 desimal dikonversi ke heksa sudah benar kok, jadi 20. Angka 20 itu tidak perlu dikonversi lagi, karena itu sudah merupakan jawabannya. :)

      medisonsimbolon

      November 8, 2012 at 7:44 pm

  134. ok,trims ats jwbnya

    Shinta Amborowati

    November 9, 2012 at 2:10 pm

  135. met petang,sir pengen tau lebh bnyk ni,….untuk konver simbil ini apakah bisa diterapkan pd sistem pengkodean karakter spt ASCII, EBCDIC?? krn menggunakan bil. biner , bgmn cara mencari bil. oktal, hexa pada ASCII maupun EBCDIC…….???

    Shinta Amborowati

    November 9, 2012 at 6:15 pm

  136. gmna crx klo konversix menggunakan 7 digit…..
    kan tu akan menjadi bnyak rumusnya ….

    Lalu Risky Amirullah

    November 10, 2012 at 6:47 am

    • Semakin banyak digitnya, pastinya semakin panjang prosesnya. Tapi caranya begitu2 juga kok. Ga ada bedanya.. :)

      medisonsimbolon

      November 11, 2012 at 7:08 pm

  137. trims ya….. ternyata konversinya gampang dan bisa dimengerti….. Tuhan memberkati… :-)

    dicky@nbd

    November 11, 2012 at 5:09 pm

  138. maaf mas mau nanya, cara konversi bilangan yang udah dipilah masing2 jadi 3 bit (biner ke oktal) itu gimana ya? kok 110 bisaa jadi 6? begitu juga kasus biner ke heksadesimal… trims

    Adam

    November 25, 2012 at 8:38 pm

    • 110 itu kalau kita konversi ke desimal, kan memang jadi 6..
      Penjabarannya: 110 -> 1×2^2 + 1×2^1 + 0×2^0 = 4 + 2 + 0 = 6.
      Semoga membantu..

      medisonsimbolon

      November 26, 2012 at 2:27 pm

      • ooooh gituuu makasih banyak mas

        Adam

        Desember 12, 2012 at 10:57 pm

  139. Makasih ya Pak!

    Andrew Joe

    Desember 4, 2012 at 4:22 pm

  140. bahasa tulisannya mudah dicerna, saya yakin anak kelas 1 SD pun bisa jago konversi biner kalo baca tulisan ini :D

    aryasulistyo!

    Desember 5, 2012 at 8:32 am

    • Hehe… Bagus juga kalau anak kelas 1 SD bisa bilangan biner ya.. :P

      medisonsimbolon

      Desember 5, 2012 at 9:03 am

  141. Saya sebenernya masih bingung… jika desimalnya lebih dari 255, mohon pencerahannya via email juga boleh ka,, evolution_z@rocketmail.com

    Immortalz Evilz

    Desember 6, 2012 at 9:29 am

    • Untuk angka berapapun, caranya sama kok. Hanya saja kalau angkanya sudah terlalu besar, pasti prosesnya jadi jauh lebih panjang, karena dibagi terus sampai 0. Tapi pada dasarnya, caranya tetap sama.

      medisonsimbolon

      Desember 6, 2012 at 12:03 pm

  142. terima kasih banyak, sangat bermanfaat

    perdana

    Desember 12, 2012 at 1:48 am

  143. thank you mas mkalah aq udh selesai n mudah di mengerti

    prang

    Desember 19, 2012 at 7:02 pm

  144. sangat singkat dan sederhana ya,trimakasih banyak,atas materinya buat kita semua,,

    kalmityan

    Januari 14, 2013 at 1:38 am

  145. terimakasih! berguna banget,soalnya guru saya neranginnya ngga lengkap , dan SALAH . huh

  146. pak,, minta tolong dong,, contoh skripsinya tentang Aplikasi Konversi bilangan..
    Terima Kasih Sebelumnya pak

    Ini Alamat email aku pak,,
    takwir_satria@yahoo.com

    Takwir Satria

    Februari 9, 2013 at 9:30 pm

  147. pak, mohon penjelasan, kok bisa 15:16=0 sisa F (atau 15), bukannya 0 sisa 1 ya? kemudian, 1×2^0=1 bukannya hasilnya 0 ya? maaf pak, karena kalo saya pikir pakai logika saya gak masuk, atau saya yg salah ya? thanks.

    saiya

    Februari 21, 2013 at 11:11 am

    • 1. 15:16 = 0 sisa F
      Angka 15 kan tidak bisa dibagi oleh 16. Jadi, kita buat saja dia 0. Maka, 16×0 = 0 (hasil). Sisanya berapa? Maka 15 – 0 (hasil) = 15.

      2. 1x(2^0) = 1.
      Angka berapapun, jika dipangkatkan 0, hasilnya adalah 1. Maka, 2^0 juga sama dengan 1. Jadi, 1x(2^0) = 1x(1) = 1.

      medisonsimbolon

      Februari 21, 2013 at 11:27 am

      • waah, terima kasih pak, sudah tercerahkan, cz dulu waktu pelajaran ini gak masuk.. hehehe :D

        saia

        Februari 21, 2013 at 1:52 pm

      • ok, untuk poin no 2 saya faham, setelah googling ketemu dasarnya ini:

        consider a^1 ÷ a^1 = a / a = 1
        but as per laws of indices, a / a = a^(1 – 1) = a^0 = 1
        consider a^2 ÷ a^2 = a × a / a × a = 1
        but as per laws of indices, a^2 / a^2 = a^(2 – 2) = a^0 = 1
        or 5^3 ÷ 5^3 = 125 / 125 = 1
        and 5^3 ÷ 5^3 = 5^(3 – 3) = 5^0 = 1
        this shows that any number with exponent 0 is equal to 1

        tetapi, untuk poin nomer 1, dasar hukumnya yg mana ya pak? kok bisa begitu? mohon di beri pencerahan. trims. :)

        saiya

        Februari 21, 2013 at 6:27 pm

      • Hmm.. Gini deh. Kalau tanya ‘dasar hukum’, saya tanya dulu. Kemarin kan saiya bilang kalau 15:16 itu seharusnya 0 sisa 1. Nah, itu dasar hukumnya dari mana? Kalimat ‘sisa 1′ itu dari mana dtgnya? Hehe..

        medisonsimbolon

        Februari 21, 2013 at 11:19 pm

  148. Thanks

    Indra

    Februari 25, 2013 at 4:06 pm

  149. Sya punya tugas nih pak, saya disuruh mengkonversikan bilangan Biner ke Oktal,dan Biner ke Hexadesimal,masalahnya disini yang mau dikonversikan bukan 1110011,tapi 898,apa bisa bilangan itu dikonversikan?kalo bisa saya minta bantuan bpk..saya tunggu jawabannya.terima kasih

    DIANA

    Maret 12, 2013 at 10:28 am

    • 898 itu bukan bilangan biner. Tapi bisa jadi itu bilangan desimal atau heksa. Harus dipastiin dulu, 898 itu bilangan berbasis apa. Nah kalau sudah jelas (misalnya, desimal) ya tinggal dibaca aja yg saya tulis di atas. Semoga membantu. :)

      medisonsimbolon

      Maret 12, 2013 at 10:40 am

      • kalo angka 12012898 pa ini termasuk bil.biner pak…

        Diana

        Maret 13, 2013 at 8:44 pm

      • bukan juga. bilangan biner itu hanya boleh ada angka 1 atau 0. tidak boleh ada angka di luar itu.

        medisonsimbolon

        Maret 13, 2013 at 8:56 pm

  150. thanks penjelasannya sangat bermanfaat banget.

    deburhan

    Maret 28, 2013 at 6:46 pm

    • @rhiyan:mas gimana caranya mengerjakan bilangan
      desimal misalnya 25:2=12 sisa 1. nah sisa 1 nya itu dari mana mas iya. tolong di bantu jawabanya iya mas. makasih………………….

      nevnev815

      Maret 29, 2013 at 7:50 pm

      • Hmm.. Biar mudah, gini deh.

        25 dibagi 2, hasilnya 12,5 kan? Masalahnya, kita di sini ga boleh pake koma. Jadi, dapatnya cuma 12. Bukan 12,5. Nah, 12 dikali dgn 2, hasilnya kan 24.
        Maka, 25 – 24 = 1. Nah, ‘sisa 1′ itu dari situ.

        medisonsimbolon

        Maret 29, 2013 at 9:02 pm

  151. @rhiyan:maaf mas mau nanya lagi mas gimana caranya ngerjain contoh: 12 per 24 =6 per 12 nah yang saya tanyakan angka 6 nya itu dapat dari mana iya mas. makasih>……………………

    nevnev815

    Maret 29, 2013 at 8:02 pm

    • Ya kalau itu kan pembilang dan penyebutnya sama2 dibagi dua. 12 dibagi 2 = 6. 24 dibagi 2 = 12. Jadinya 6 per 12.

      medisonsimbolon

      Maret 29, 2013 at 9:03 pm

  152. thanks ya bapak atas infonya.
    mahasiswi universitas surakarta. sangat berarti sekalii. hehhe

    hetty

    April 4, 2013 at 4:32 pm

    • sama2.. senang bisa membantu. :)

      medisonsimbolon

      April 4, 2013 at 6:17 pm

  153. wahh.. sangat membantu gan..
    makasih

    leevvha

    April 5, 2013 at 8:42 am

  154. di w***pedia suruh ngapalin tabel… malah gk dikasi tau caranya… thanks infonya sangat membantu buat blajar UN…. haha..

    dhany

    April 17, 2013 at 8:20 pm

    • mas, saya nyoba desimal > biner tp ko ga sama yah hasil nya . contoh saya nyoba 105 hasil nya = 1101001 klo pake cara di atas . tp padahal hasil seharus nya 1001011 kebalik tuh gmn?

      taufiq

      April 22, 2013 at 8:21 pm

      • Ya emang udah bener 1101001 hasilnya. Bukan 1001011. Kalau tidak percaya, coba pakai kalkulator deh. :)

        medisonsimbolon

        April 22, 2013 at 8:53 pm

  155. wah lengkap sekali pak artikelnya

    tkjcorner

    Mei 2, 2013 at 10:00 am

  156. ada c++ pecahan desimal ke semua gak nih om :D
    bantuin dong lagi buat TA nih.. :)

    wscity

    Juni 24, 2013 at 7:51 pm

    • Wah, ga ada.. Maaf ya.. :)

      medisonsimbolon

      Juni 24, 2013 at 9:00 pm

  157. trimakasih ini sangat membantu

    hadhi

    Juni 30, 2013 at 12:36 am

  158. Mau nanya dong, yg contoh yg di atas, yg konversi bil. desimal ke bil. oktal. Soalnya : 33. Maka :

    33 : 8 = 4 sisa 1.

    4 : 8 = 0 sisa 4.

    0 : 8 = 0 sisa 0….(end)

    Nah yg aku binggung 4 : 8 = 0 sisa 4, sisa 4 nya itu dari mana?

    Thx before

    hilda

    September 15, 2013 at 8:12 pm

    • 4 dibagi 8 kan tidak bisa, jadinya cukup dikali dgn 0 saja.

      0×8 = 0, maka:
      4-0 = 4.

      Semoga bisa dimengerti. :)

      medisonsimbolon

      September 16, 2013 at 9:54 am

      • makasih pak.. :)

        hilda

        September 19, 2013 at 5:09 pm

  159. Awalnya saya kira, kalau konversi biner > oktal, mesti konversi dulu ke desimal, ternyata bisa langsung di konversi ke oktal. Makasih mas :D

    Shabri Prayogi

    September 17, 2013 at 3:38 pm

    • Sama2.. :D

      medisonsimbolon

      September 17, 2013 at 9:11 pm

  160. mas kalo jadiin (bcd) gimana??

  161. makasih banyak atas pembelajarannya pak :D

    Ridhaul Ihsan

    Oktober 20, 2013 at 8:10 pm

  162. Pak, saya pengen nanya.. Kan konversi bilangan desimal ke oktal misalnya 33(10) = ……. (8) hasilnya 41 dan bilangan desimal ke hexadecimal 243(10) = ……. (16) hasilnya F3(16) sesuai yang telah bapak jelaskan diatas. Nah, cara pembuktian bahwa 41/F3 itu adalah benar hasil dari konversi tersebut bagaimana caranya ? Selain dengan cara mengkonversi sebaliknya..

    Mohon pencerahannya dan bantuannya, Terima Kasih..

    Tom

    November 7, 2013 at 9:57 am

    • Sekedar membuktikan aja kan? Pakai kalkulator juga bisa. :D

      medisonsimbolon

      November 7, 2013 at 11:33 am

  163. sudah cukup lengkap pak
    terimakasih informasinya ^_^

    melsa daryatie

    Desember 23, 2013 at 7:12 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: