mediBlog

Medison Simbolon

Konversi Bilangan Pecahan Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal

with 36 comments

Berhubung kemarin ada yg tanya, sekalian aja deh saya posting jawabannya.. Mudah2an bisa membantu yang lain..

Yg jadi pertanyaan kemarin, gimana mengubah desimal 4.095 menjadi heksa?

Jawabannya :

4 dalam desimal itu kan heksanya tetap 4.. Nah, yang jd masalah itu yg di belakang koma (0.095).
Untuk mencari nilai heksa di belakang koma, maka angka2 di belakang koma dikalikan 16, seperti berikut :

0.095 x 16 = 1.52 atau 1 + 0.52 —-> 1 adalah bilangan integer, sementara 0.52 disebut fraction. Fraction ini dikalikan terus dengan 16, sampai nilai fraction yg baru bernilai 0, atau kembali ke nilai yg sudah pernah ada sebelumnya, atau secukupnya.
0.52 x 16 = 8.32 atau 8 + 0.32
0.32 x 16 = 5 + 0.12
0.12 x 16 = 1 + 0.92
0.92 x 16 = 14 + 0.72
0.72 x 16 = 11 + 0.52 —-> Nilai fraction sudah kembali ke awal, jadi tidak perlu dihitung lagi.

Nah, setelah diperoleh perhitungan tadi, kita tinggal ambil nilai2 integernya dari atas ke bawah, dimana nilainya :

1
8
5
1
14 —-> E dalam bentuk heksa
11 —–> B dalam bentuk heksa

Jadi diperolehlah hasil 4.1851EBh

————————————————————————————————————————————————–

Sebaliknya, untuk konversi dari pecahan biner ke desimal, dapat dilihat melalui contoh berikut :

Misalkan yang ingin dikonversi adalah 0.10112
Dalam hal ini, kita perlu melihat terlebih dahulu bilangan di belakang koma, yang dalam hal ini adalah 10112.
Untuk mendapatkan bilangan desimalnya, bilangan2 tersebut dikalikan berturut2 dengan 1/21, 1/22, 1/23, …. 1/2n.
Kalau kita masukkan ke bilangan tersebut, maka :
1 x 1/21 = 1/2
0 x 1/22 = 0
1 x 1/23 = 1/8
1 x 1/24 = 1/16
Langkah berikutnya adalah menjumlah seluruh bilangan di atas, sehingga menghasilkan :
1/2 + 0 + 1/8 + 1/16 = 11/16 = 0,687510.
Bilangan tersebut tinggal dijumlah ke bilangan di depan koma. Karena di depan koma adalah 02, dimana kalau dikonversi ke desimal menjadi 010, maka hasil akhir adalah :
010 + 0.687510 = 0.687510.

————————————————————————————————————————————————–
Catatan : Konversi bilangan pecahan desimal menjadi bilangan biner maupun oktal (atau sebaliknya) dapat dilakukan dengan cara di atas;
tinggal mengganti bilangan pengali atau pembaginya saja (2 untuk biner, 8 untuk oktal, 10 untuk desimal dan 16 untuk heksadesimal).
————————————————————————————————————————————————–

Seperti biasa, kalau ada yg aneh2, coba ditanya aja ya… Hehe… Siapa tau emang saya yg keliru.. :P

About these ads

Written by medisonsimbolon

Oktober 31, 2008 at 7:52 pm

Ditulis dalam Teknik Komputer, Tutorial

Tagged with , , , , ,

36 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih y OM berguna bgt nie..
    coz waktu kul mata plajaran nie saya g masuk..
    thx y OM..

    Laharl

    Januari 7, 2009 at 2:03 pm

  2. thanxsssssssssssssssssssssssssssssssssss

    haryo

    April 18, 2009 at 11:02 pm

  3. waduu pak. . saya cari programnya. . bukan manual kaya gini. .

    un

    Mei 27, 2009 at 11:10 am

  4. trima kasih bro… sngat membantu…

    ubuh

    Juni 25, 2009 at 8:08 am

  5. makasih mas, kalo soalnya begini gmana mas misal : 110101,110001 = dijadikan pecahan .
    makasih…………..

    eko

    Desember 8, 2009 at 4:48 pm

    • Tinggal dikonversi aja dulu yang di belakang koma, Mas. Habis itu, konversi yang di depan koma. Nanti tinggal dijumlahkan. :D

      medisonsimbolon

      Desember 8, 2009 at 6:09 pm

      • yg ini mksdnya dikonversi ke mana aja ya?
        misalnya ke hexa atau oktal bisakan? atau harus sama keduanya?

        thx mas, artikelnya sangat membantu :)

        Azhar Rafiq

        Agustus 20, 2011 at 1:45 pm

      • Bisa kok mas. Tinggal diubah bilangan pengali atau pembaginya saja, seperti yang saya jelaskan di paragraf terakhir. Hehe..

        medisonsimbolon

        Oktober 16, 2011 at 11:07 am

  6. Yah lumayan,
    lumayan ga mudeng maksud.Na OHM….. Mumet q hehehe… ;)

    Na_raka

    Mei 20, 2010 at 8:38 pm

    • masih kurang megerti

      dippu purba

      November 15, 2010 at 11:52 am

      • kalo konversi dari desimal negatif ke biner gimana caranya mas?

        WW

        Maret 20, 2011 at 8:21 pm

      • saya juga tdk mngrti

        mrs.x

        September 13, 2011 at 2:42 pm

  7. pak, tlg dong, ajarkn saya yg konversi desimal ke biner,biner ke desimal, dan desimal ke oktal
    tapi bilangan berkoma. 17,625….
    mksh sblm’y y pak..

    Watz

    Oktober 16, 2011 at 8:03 am

  8. terima kasih referensinya…
    saya sangat terbantu…

    mohon bantuannya pak.
    kalau masalah pengurangan yang ini gimanaya pak??
    (11011001)2 – (1101010)2

    trimakasih

    Nuryani

    Desember 7, 2011 at 8:13 am

  9. mas,, saya mo tanya,, kalo bilangan desimal cuma satu digit misal 2 desimal di konversikan ke oktal atau heksadesimal itu berapa? masalahnya ketika saya konversikan ke kebalikannya utk pembuktian hasilnya beda… tolong pencerahannya?

    zaki mind

    Desember 16, 2011 at 2:13 pm

    • Hasilnya tetap 2 juga Mas, di oktal maupun heksadesimal.. :D

      medisonsimbolon

      Februari 26, 2012 at 1:38 pm

  10. makasih kaka’

    thengglenk

    November 6, 2012 at 1:43 pm

  11. kalo yang biner kok gak dimulai dari 2^0 (baca : dua pangkat nol) ????
    langsung dua pangkat satu ?

    LP

    November 26, 2012 at 2:15 pm

    • Hmm.. Pertanyaan yang bagus. Saya sendiri belum pernah kepikiran pertanyaan ini. Hehe..
      Tapi kalau berdasarkan logika saya, 1/2^0 dikalikan dengan angka yang di depan koma (dlm hal ini angkanya adalah 0).
      Kalau saya kutip kalimat di atas:

      “Karena di depan koma adalah 0, dimana kalau dikonversi ke desimal menjadi 0…”

      Itu dilakukan dengan 1/2^0 x 0 = 0. Kalau dilihat dari sudut pandang biner yg bukan pecahan, sama saja, jadinya: 2^0 x 0 = 0.
      1/2^0 dan 2^0 itu sama-sama bernilai 1, jadi tidak ada bedanya. Hehe..

      Kalau 1/2^1 di atas diganti menjadi dimulai dari 1/2^0, maka hasil konversi biner ke desimal dari angka 0.1 sama dengan konversi biner ke desimal dari angka 1 dong. Ya bukan? Ini saya cuman coba analisa dikit2 sih. Mudah2an benar.. :)

      medisonsimbolon

      November 26, 2012 at 2:40 pm

  12. bang kalau seandainya bilangan berkomanya langsung habis (ga ad koma lagi dibelakangnya) trus gimana ? apakah bilangan tersebut langsung dimasukkan ke bilangan pokoknya ?

    ex: 98,375 (dec) to hexs
    kan 98 = 62 h
    nah tingaal 0,375 x 16 = 6

    apakah hasil konversinya jadi 62,6 h bang ?

    Thanks and great tuts anyway

    rusty

    November 27, 2012 at 11:32 pm

    • Ya, benar sekali.. :)

      medisonsimbolon

      November 28, 2012 at 3:15 pm

  13. om,,,,untuk hasil konversi dari desimal ke heksa di atas,,,kenapa hasilnya tidak ditulis dari bawah keatas???
    kaya yang biner gitu,,,, jadi hasilnya EB15814,,masih bingung,,

    puput

    Februari 4, 2013 at 6:58 pm

    • Memang dari bawah ke atas kok. Saya copy-paste ya.

      243 : 16 = 15 sisa 3.
      15 : 16 = 0 sisa F. —-> ingat, 15 diganti jadi F..
      0 : 16 = 0 sisa 0….(end)

      Nah, maka hasil konversinya adalah F3.

      Tuh, kan dari bawah ke atas.. Hasilnya F3, bukan 3F.. :)

      medisonsimbolon

      Februari 4, 2013 at 8:19 pm

  14. Mas saya mau tanya, kalau misalnya saya punya bilangan biner 111101,001 dan saya ingin konversi ke desimal. Berarti angka yang di belakang koma saya kalikan 1/2^1, 1/2^2, 1/2^3. Gimana dengan angka yg di depan koma mas? apa mesti di kali dengan 1/2^1, 1/2^2 … 1/2^n ? atau tetap menggunakan cara konversi biner ke desimal yang 2^0, 2^1…2^n ???

    Shabri Prayogi

    September 17, 2013 at 4:02 pm

    • Yg di depan koma dikonversi secara biasa, pakai 2^0, 2^1 dst. Yg di belakang pake 1/2^1, 1/2^2 dst. Supaya lebih yakin, bandingin aja hasil hitungan manual dengan yg pakai kalkulator. :D

      medisonsimbolon

      September 17, 2013 at 9:21 pm

  15. Iya, saya sudah coba & hasilnya sama. Makasih mas :D

    Shabri Prayogi

    September 18, 2013 at 12:31 am

  16. Mas , saya mau nanya lagi nih hhehe. kalau misalnya bilagan intergernya = 0. apakah mesti di lanjutkan?

    mis; 65,356(des) -> hex
    65 = 41h
    – 0,356 x 16 = 5 + 0,696
    dst , sampai sy dpt hasil kyk gini
    – 0, 816 x 16 = 13 + 0.056
    – 0.056 x 16 = 0 + 0.896

    kalau kyk gini, gmn mas? sy udah coba lanjutkan, dan hasilnya gak ada yang sama dgn fraction sebelumnya..

    Shabri Prayogi

    September 30, 2013 at 4:14 pm

    • Kalau sudah 0, seharusnya sudah tidak perlu dilanjut lagi. Di atas ada saya tulis juga kok begini:

      “Fraction ini dikalikan terus dengan 16, sampai nilai fraction yg baru bernilai 0, atau kembali ke nilai yg sudah pernah ada sebelumnya, atau secukupnya.”

      Gimana? Seperti biasa, kalau bingung, tinggal dicocokin sama kalkulator. Hehe.. :D

      medisonsimbolon

      September 30, 2013 at 9:35 pm

      • Maaf mas, salah. seharusnya 65,536 hhehe :D . Saya udah coba hitung manual, dan saya temukan fraction yang sama di urutan ke-25 (belakang koma). itu gak pa” yah mas kalau hexa’nya panjang? sampe ada 25 angka di belakang koma? Maaf yah mas, kalau saya banyak tanya :)

        Shabri Prayogi

        September 30, 2013 at 10:45 pm

      • 65.536 kalau dihitung pakai kalkulator sih hasilnya jadi 41.89374BC6A. Tadi saya coba hitung sedikit, sepertinya emang agak panjang. Tapi kalau hasilnya mirip dgn yg kalkulator (89374BC6…..) ya berarti udah sesuai lah.

        medisonsimbolon

        September 30, 2013 at 11:47 pm

      • Iya mas, hasilnya seperti itu. Terima kasih banyak nih mas, maaf kalau mengganggu waktunya :)

        Shabri Prayogi

        Oktober 1, 2013 at 12:00 am

  17. pak saya mau tanya,
    maaf saya masih belum mengerti mkasudnya..jadi yang bapak jelaskan itu dari bil riil ke heksa hasilnya heksa dan tetap ada komanya???nah itu bagaimana??
    mohon penjelasannya pak..terima kasih

    lely apriani

    Desember 5, 2013 at 3:04 pm

    • Saya kurang ngerti pertanyaannya. Tapi kalau bilangan desimalnya berkoma, maka setelah dikonversi ke heksa ya pasti ada komanya juga, seperti yg dijelasin di atas. :D

      medisonsimbolon

      Desember 7, 2013 at 11:32 am

  18. aku mau tanya pak tua,
    gpp aku manggil pak tua kan pak
    soalnya aku juga marga simbolon

    begini pak tua

    klo konversi pecahan biner ke oktal gmn pak?

    tumpal simbolon

    April 28, 2014 at 2:08 pm


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: